Scroll untuk baca artikel
Banten RayaBerita

Banten Mulai Musim Hujan, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemda dan Masyarakat Antisipasi Bencana Banjir

66
×

Banten Mulai Musim Hujan, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemda dan Masyarakat Antisipasi Bencana Banjir

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat melakukan peninjauan lokasi banjir di Tanjung Burung Kecamatan Teluknaga, Tangerang Banten, beberapa waktu. (Foto: Daeng Yusvin)

Triberita.com | Serang Banten – Pj Gubernur Banten Al Muktabar meminta semua pemerintah kabupaten dan kota di daerahnya segera melakukan mitigasi kebencanaan, karena musim hujan sudah mulai terjadi di beberapa daerah pada awal 2024 ini.

“Kita tidak mengharapkan adanya bencana, tapi apa bila terjadi kita sudah siap melakukan dan mengawali seluruh upaya risiko yang nanti kita akan hadapi,” kata Al Muktabar, saat ditemui di Pendopo KP3B untuk menghadiri Pelantikan Kepala Perwakilan Banten BPKP, Jumat (12/1/2024).

Al Muktabar pun menjelaskan pentingnya mitigasi secara dini oleh pemerintah daerah (pemda) dari empat kota dan kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Banten itu, karena sering mengalami bencana banjir dengan tingkat menengah sampai tinggi.

“Kita tidak mengharapkan adanya bencana, tapi apa bila terjadi, kita sudah siap melakukan dan mengawali seluruh upaya risiko yang nanti kita akan hadapi,”ujar Al Muktabar

Sehingga, katanya, masing-masing pemda harus mempersiapkan dan mengecek seluruh sumber daya yang sewaktu-waktu harus bisa dikerahkan dalam penanganan darurat bencana.

“Tentu, pertama kan dalam hal yang tidak diinginkan itu kita ada penetapan kedaruratan, itu maka akan dilakukan langkah bersama baik nasional, provinsi, dan kabupaten/kota,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, dalam upaya mengatasi kebencanaan tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan lembaga-lembaga lain yang memang kewenangannya ada di sektor nasional hingga daerah.

“Ada banyak projek strategis nasional yang mendorong atau menyelesaikan secara proyek, dan kita menyisir bagian-bagian kewenangan kabupaten/kota,” katanya.

Muktabar juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk memberikan imbauan, dan agar meneruskan beberapa pesan kewaspadaan kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

“Dan kita sampaikan kita harus bersama, kita mohon juga memberikan informasi yang bisa menyejukkan masyarakat agar bisa menyikapi secara bersama sama,” katanya.

Baca Juga :  FajarPaper Berikan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Bekasi

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, juga menghimbau dan mengajak semua masyarakat Banten, sadar terhadap pentingnya kesiapsiagaan menghadapi berbagai potensi bencana. Dengan kesiapsiagaan, diharapkan dapat meminimalisir adanya korban saat terjadinya bencana.

“Ramalan cuaca yang selalu diupdate oleh BMKG, harus menjadi perhatian kita semua agar bisa melakukan kewaspadaan sejak dini, baik itu kewaspadaan individu, rumah tangga maupun kelompok, atau bahkan kewaspadaan Pemda yang mempunyai kewajiban untuk mengantisipasi itu sebisa mungkin,” ujarnya.

Facebook Comments
Example 120x600