Scroll untuk baca artikel
BeritaBanten RayaNasional

Cegah Kepadatan di Merak, ASDP Alihkan Pelayanan Pemudik Sepeda Motor ke Pelabuhan Ciwandan

106
×

Cegah Kepadatan di Merak, ASDP Alihkan Pelayanan Pemudik Sepeda Motor ke Pelabuhan Ciwandan

Sebarkan artikel ini

Untuk angkutan Lebaran tahun 2023 ini, ASDP mengalihkan pelayanan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan

Pemandangan pemudik lebaran menggunakan sepeda motor memadati Pelabuhan ASDP Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (Foto: Daeng Yusvin)
Pemandangan pemudik lebaran menggunakan sepeda motor memadati Pelabuhan ASDP Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (Foto: Daeng Yusvin)

Triberita.com, Cilegon Banten – Masyarakat yang hendak melakukan mudik lebaran tahun 2023 ke Pulau Sumatera menggunakan sepeda motor, sudah tidak bisa lagi melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan ASDP Merak.

Untuk angkutan Lebaran tahun 2023 ini, ASDP mengalihkan pelayanan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan.

Hal itu ditegaskan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Fery (Persero), Ira Puspadewi. Jadi sepeda motor tidak lagi dilayani di Pelabuhan ASDP Merak,” katanya.

Ira menyatakan, Pelabuhan Merak tidak melayani pemudik motor, guna mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan ASDP Merak.

Ira juga mengingatkan, bahwa tiket kapal penyeberangan di 52 dermaga, tidak diperjual belikan di pelabuhan, tapi harus dipesan secara online, menggunakan aplikasi Ferizy yang tersedia di Playstore (android) dan Appstore (iOS).

Dia mengatakan, bahwa tiket angkutan penyeberangan kapal sudah dapat dipesan sejak H-60 Lebaran. Dia juga menegaskan, masyarakat yang akan melakukan penyeberangan, harus memiliki tiket setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan.

“Jadi hari ini sudah bisa reservasi tiket, dan pengguna jasa tentunya harus memperhatikan bahwa supaya penyebrangan ini lancar. Tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, jadi datang jangan berharap bahwa ada tiket nanti di pelabuhan,” ujarnya.

Sementara itu, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan saat puncak arus mudik Lebaran 2023, ASDP menyiapkan buffer zone, atau lokasi tunggu kendaraan sebelum para penumpang menaiki kapal. ASDP akan bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Pada saat puncak arus mudik lebaran, BPTD akan mengatur pengoperasian kapal dengan menjadwalkan kapal-kapal yang memiliki daya angkut penumpang yang lebih besar ketika dalam kondisi lebih padat dari biasanya.

Baca Juga :  Nidya Julianar Salman, Lulusan Termuda dan Terbaik dari Untirta dengan IPK 3.88

“Tentunya kami akan bekerja sama dengan BPTD untuk mengatur operasional, dimana pada saat puncak (arus mudik Lebaran), maka BPTD akan mengoperasikan kapal-kapal yang kapasitasnya besar,” ujar Shelvy Arifin.

Nah, bagi yang ingin membeli tiket melalui Ferizy, berikut caranya:

  1. Download aplikasi Ferizy di Smartphone atau melalu website ferizy.com
  2. Pilih jadwal keberangkatan
  3. Isi data diri dengan lengkap
  4. Lakukan pembayaran
  5. Elektronik Tiket akan dikirimkan ke email
  6. Tunjukkan Elektronik Tiket pada petugas di pelabuhan dan akan ditukar dengan boarding pass.
Facebook Comments
Example 120x600