Scroll untuk baca artikel
Banten RayaBeritaPemilu2024PolitikSosial Budaya

Dibuka Pendaftaran Balon KPU Banten Periode 2023 – 2028, Informasi Pendaftaran cek disini

101
×

Dibuka Pendaftaran Balon KPU Banten Periode 2023 – 2028, Informasi Pendaftaran cek disini

Sebarkan artikel ini

Triberita.com, Serang Banten – Tim Seleksi (Timsel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, secara resmi membuka pendaftaran bakal calon (balon) anggota KPU Banten periode 2023 – 2028.

Adapun untuk kali ini, pendaftaran menggunakan sistem online, dan dibuka mulai tanggal 10 Februari 2022, dan berakhir pada tanggal 16 Februari 2023.

Ketua Timsel anggota KPU Banten periode 2023 – 2028, Ahsanul Minan mengatakan, pengumuman pendaftaran balon anggota KPU Banten periode 2023 – 2028 berdasarkan Keputusan KPU Nomor 71 tentang jadwal dan tahapan seleksi calon anggota KPU Banten periode 2023 – 2028.

“Dengan ini Timsel balon anggota KPU Banten periode 2023 – 2028 mengundang Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPU Banten. Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi siakba.kpu.co.id,” kata Ahsanul.

Dijelaskan Ahsanul, bagi pendaftar wajib mengunggah sejumlah persyaratan yang ada di aplikasi tersebut. Selanjutnya, setelah syarat-syarat diupload, peserta calon seleksi KPU Banten harus mencetak bukti pendaftaran tersebut.

“Bukti pendaftaran yang telah dicetak harus digandakan menjadi dua dan diserahkan ke Timsel saat (melakukan) pendaftaran ulang,” jelasnya.

Setelah pendaftaran ditutup, Timsel akan melakukan penelitian administrasi terkait dengan kebutuhan anggota KPU Banten yaitu sebanyak tujuh orang dikali 10.

“Sebanyak 70 peserta yang akan diloloskan, dan akan masuk dalam tahapan selanjutnya, yaitu tes tertulis dan psikologi. Dari hasil tes itu, kami (Timsel) kembali akan menyaring peserta sebanyak 28 orang,” terangnya.

Menurut Ahsanul, setidaknya terdapat dua poin yang membedakan seleksi calon anggota KPU Banten kali ini, yaitu menggunakan sistem online dan tes psikologi dan tertulis yang semula dipisahkan kali ini disatukan.

Baca Juga :  Kebakaran Maut Depo Pertamina di Plumpang 5 Warga Lebak Banten Tewas

“Selain itu, masyarakat tahun sebelumnya hanya bisa melaporkan peserta calon Anggota KPU Provinsi Banten, untuk tahun ini masyarakat bisa melaporkan dugaan jika tim sel tidak profesional,” ucapnya.

Untuk informasi lengkap terkait pendaftaran calon anggota KPU Banten periode 2023 – 2028, masyarakat dapat mengakses ke laman banten.kpu.go.id.

 

 

Penulis : Daeng Yusvin

Facebook Comments
Example 120x600