Scroll untuk baca artikel
Bekasi RayaBeritaFood & Travel

Filosofi Gado-gado Kuliner Khas Betawi, Ragam Jenis Sayuran Dalam Satu Wadah

624
×

Filosofi Gado-gado Kuliner Khas Betawi, Ragam Jenis Sayuran Dalam Satu Wadah

Sebarkan artikel ini
Gado-gado makanan khas Betawi (Foto : Istimewa).

Triberita.com | Kabupaten Bekasi – Indonesia adalah Negara yang kaya akan beragam suku, bahasa, seni dan budaya, serta kulinernya, maka tak heran jika Indonesia banyak di kunjungi para wisatawan dari luar Negeri, mereka datang bukan hanya sekedar berwisata, tapi juga ingin mengenal budaya yang ada di Indonesia, termasuk di antaranya adalah kulinernya.

Banyak sekali jenis kuliner yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, yang setiap daerah  mempunyai ciri khas kulinernya. Salah satunya adalah Gado-gado,  kuliner khas Betawi. Untuk warga Jakarta dan sekitarnya pasti mengenal dan pernah merasakannya.

Gado-gado adalah perpaduan jenis sayuran yang direbus, seperti kangkung, kol, kacang panjang, tauge, dan timun, lalu di satukan dengan gurih, segarnya bumbu kacang.

Gado-gado itu bisa diartikan campuran atau kolaborasi antara jenis ragam sayuran rebus, dengan bumbu kacang, dilengkapi lagi dengan goreng bawang dan kerupuk, hingga menjadi satu sajian makanan yang menggugah selera.

Gado-gado itu bisa diartikan menjadi satu filosofi, bahwasanya Indonesia itu terdiri dari beragam suku dan budaya, yang menyatu dalam satu wadah yaitu Indonesia.

Sehingga Indonesia menjadi Negara yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, serta ditambah lagi dengan berbagai panorama alamnya yang indah.

Seperti itulah makanan gado-gado jika diartikan, dengan keanekaragaman jenis sayuran yang direbusnya, ditambah dengan bumbu kacang yang terdiri dari beragam jenis rempahnya.

Dilengkapi lagi dengan irisan tahu dan tempe, serta ditaburi irisan goreng bawang, dan kerupuk, menjadikan gado-gado makanan khas Betawi sangat digemari oleh semua kalangan.

Facebook Comments
Baca Juga :  Innalillahiwainnailaihirojiun!! LSM Gempal Gotong Keranda Mayat Ke Kantor Dinas DLH
Example 120x600