Scroll untuk baca artikel
BeritaJakarta RayaKriminal

Kapolda Metro Cek Langsung TKP Penangkapan Teroris Di Bekasi

75
×

Kapolda Metro Cek Langsung TKP Penangkapan Teroris Di Bekasi

Sebarkan artikel ini

Hal itu diungkapkan saat mengecek lokasi penangkapan terduga teroris DE di Harapan Jaya, Kota Bekasi

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto Menghimbau Agar Masyarakat Peka Terhadap Tetangga Sekitar. (Foto: Sumber Humas PMJ)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto Menghimbau Agar Masyarakat Peka Terhadap Tetangga Sekitar. (Foto: Sumber Humas PMJ)

Triberita.com, Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengimbau masyarakat lebih peka terhadap kondisi tetangga di lingkungannya. Hal itu diungkapkan saat mengecek lokasi penangkapan terduga teroris DE di Harapan Jaya, Kota Bekasi.

“Saya mengimbau kepada warga masyarakat harus betul-betul lebih peka dan teliti apabila ada orang-orang baru yang dia kehidupannya tertutup. Itu mesti penuh kita amati,” ungkap, Karyoto, Senin (14/8/2023).

Menurut Karyoto, warga menjadi pendeteksi awal adanya pendatang yang baru tinggal di lingkungannya. Apabila ada gelagat yang mencurigakan, warga melalui Ketua RT bisa melaporkan hal tersebut ke polisi.

“Ketua RT, masyarakat yang paling dekat harus memberikan apa paling tidak kalau ada yg aneh-aneh, sampaikan kepada ketua RT, ketua RT nanti bisa disampaikan ke Bhabinkamtibmas maupun Babinsa, sehingga kita bisa melakukan deteksi lebih dini,” terangnya.

“Menjadi kewaspadaan kita bersama, (apalagi) disitu ada senjata api, kita bisa bayangkan banyak sekali peluru tajamnya. Kalau kena pas di daerah tertentu sangat bisa mematikan,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap satu orang terduga teroris berinisial DE (28) di kawasan Harapan Jaya, Bekasi Utara, Senin (14/8/2023).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan pelaku yang ditangkap berperan menyebarkan paham propaganda di media sosial.

“Melakukan propaganda di media sosial dengan cara memberikan motivasi untuk berjihad dan menyerukan agar bersatu dalam tujuan berjihad melalui Facebook,” ungkap Ahmad Ramadhan dalam keterangannya.

Selain itu, DE disebutkan juga merupakan salah satu pendukung dari Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang kerap aktif di media sosial.

“Mengirimkan sebuah postingan Facebook berupa poster digital berisikan teks pembaruan baiat dalam bentuk bahasa arab dan bahasa Indonesia kepada pemimpin Islamic State yaitu Abu Al Husain Al Husaini Al Quraysi,” terangnya.

Facebook Comments
Example 120x600