Scroll untuk baca artikel
BeritaPolitik

Mangkir Lagi, ICW Minta Kapolda Metro Jaya Terbitkan Surat Penangkapan Ketua KPK

65
×

Mangkir Lagi, ICW Minta Kapolda Metro Jaya Terbitkan Surat Penangkapan Ketua KPK

Sebarkan artikel ini
Ketua KPK Firli Bahuri.(Foto: Ist)

Triberita.com | Jakarta – Lagi, untuk kedua kalinya Ketua KPK Firli Bahuri kembali mangkir dari panggilan Polda Metro Jaya. Dalam hal ini Firli malah berkirim surat kepada Polda Metro Jaya meminta agar pemeriksaan tambahan dilakukan di ruang Subdit Tipikor Bareskrim Mabes Polri.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Kepala Biro Hukum KPK terkait respons surat panggilan pimpinan KPK itu. Surat tersebut terkait permohonan jadwal ulang dan tempat pemeriksaan agar dilakukan di Bareskrim Polri.

Tim penyidik lanjut Kombes Ade Safri akan melakukan konsolidasi dan mempertimbangkan surat dari pihak KPK.

“Terkait pemeriksaan yang akan dilakukan, termasuk permintaan untuk dilakukan pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri,” kata Ade Safri, Selasa (14/11/2023).

Sebelumnya pihak Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan tambahan terhadap Firli dalam kasus digaan pemerasan Syahrul Yasin Limpo, Selasa (14/11/2023). Untuk kedua kalinya Firli tidak memehui panggilan penyidik.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhan menyikapi hal ini, jika Firli merasa tidak bersalah seharusnya dia berani menghadapi proses hukum.

“Jika Firli merasa bersih, harusnya berani menghadapi proses hukum,” ucap Kurnia Ramadhana, Selasa (14/11/2023).

Sikap Firli yang mangkir dari panggilan Polda Metro Jaya dinilai Kurnia memperlambat pemeriksaan sehingga menimbulkan tanda tanya. Sikap Firli justru menguatkan dugaan keterlibatan Firli dalam kasus pemerasan tersebut.

Menurut Kurnia, wajar jika masyarakat menaruh prasangka buruk bahwa Firli adalah pelaku sebenarnya. Hanya saja dia sedang bersiasat untuk mengulur-ulur waktu pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

“Kami mendesak Kapolda Metro Jaya segera menerbitkan Surat Perintah Penangkapan terhadap Firli,” tegas Kurnia.

Facebook Comments
Example 120x600