Scroll untuk baca artikel
Bekasi RayaBerita

Penguatan Kaki Tanggul Sungai Citarum, Dansektor 20 Citarum Harum Siapkan 5000 Pohon

67
×

Penguatan Kaki Tanggul Sungai Citarum, Dansektor 20 Citarum Harum Siapkan 5000 Pohon

Sebarkan artikel ini
Dansektor 20 Citarum Harum Kol Inf Suyitno meninjau perbaikan tanggul Sungai Citarum di Cabangbungin Kabupaten Bekasi, Rabu 8 November 2023.

Triberita.com | Kabupaten Bekasi – Komandan Sektor (Dansektor) 20 Citarum Harum, Kolonel Inf Suyitno meninjau langsung kegiatan perbaikan perapihan tanggul dan penguatan kaki tanggul sungai Citarum, di Kampung Batujaya, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Rabu (08/11/2023).

Suyitno mengatakan, untuk memperkuat kaki tanggul Sungai Citarum, posko sudah menyiapkan 5000 pohon atau tanaman-tanaman. Namun jika masih kurang, Dansektor 20 Citarum harum siap menambahnya. Ia berharap ribuan pohon itu bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar tanggul.

“Sementara ini kami sudah menyiapkan ada 5000 ribu pohon, kalau nanti butuh lagi berapapun akan diberikan, dan kita akan datangkan lagi pohon tersebut,” ucapnya kepada Triberita.com

Suyitno menjelaskan, penguatan sistem kaki tanggul Sungai Citarum harus menggunakan tanaman diantaranya seperti pohon jengkol, durian, alpukat dan jenis pohon lain yang bisa memperkuat tanggul. Menurut dia, tanaman-tanaman itu, selain bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar tanggul sungai Citarum, itu juga kelebihannya dari program Citarum Harum sektor 20.

“Pohon durian, jengkol, terus jambu kristal, kemarin sudah habis, karena sudah diambil oleh masyarakat, tapi kita akan usahakan lagi. Setelah kita tanam baru kita ambil kembali untuk daerah lain,” ujarnya.

Dikatakannya pula, sebanyak 55 titik tanggul kritis yang ada di sepanjang sungai Citarum, tinggal 4 titik. Satu titik sedang dikerjakan sekarang secara tanggap darurat, dan 3 titik dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) tahun depan.

“Sebanyak 55 tanggul kritis, sekarang tinggal 4 lagi, semua yang bisa kita kerjakan akan kita kerjakan, dengan alat–alat kami, tapi yang tidak bisa kami kerjakan, nanti BBWS yang akan tangani, karena sudah kita laporkan, makanya tahun depan yang 3 titik dilanjutkan oleh BBWS,” tandasnya.

Baca Juga :  Polres Metro Bekasi Siagakan Ribuan Personel Gabungan untuk Pengamanan Nataru, Berikut Titiknya

Kegiatan perbaikan tanggul sungai Citarum, Suyitno menambahkan, akan terus dikawal dan akan ditinjau hasilnya setiap minggu, agar benar–benar maksimal, berjalan dengan lancar.

“Dan akan terus kita dukung, sehingga tanggul-tanggul kritis yang ada di sepanjang sungai Citarum dapat di atasi oleh BBWS Citarum,” tandasnya.

Sementara itu, dari pihak Citarum Harum, Hendri (46) atau akrab disapa Bendo mengatakan, saat ini satgas sektor 20 Cabangbungin sedang fokus pada perbaikan perapihan tanggul serta penguatan kaki tanggul sepanjang 1 KM, di Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.

“Kita akan laksanakan apa yang sudah diarahkan oleh Dansektor 20 Citarum Harum. Sejauh ini baru sekitar 1 KM yang sedang dilakukan perbaikan, dan kerapihan kaki tanggul Sungai Citarum,” pungkasnya.

Facebook Comments
Example 120x600