Scroll untuk baca artikel
Banten RayaBencana AlamBerita

Warning! BPBD Banten Imbau Warga Waspada Angin Kencang dan Hujan Deras

45
×

Warning! BPBD Banten Imbau Warga Waspada Angin Kencang dan Hujan Deras

Sebarkan artikel ini

Banyak Pohon Besar Tua dan Rapuh

Hujan lebat disertai angin kencang, mengakibatkan pohon beringin besar berusia puluhan tahun tumbang dan menutup ruas jalan yang menghubungkan Rangkasbitung di Kabupaten Lebak menuju Bogor, Jawa Barat, pada Rabu 8 November 2023, lalu. (Foto: Daeng Yusvin)

Triberita.com | Lebak Banten – Hujan deras dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angun kencang, melanda wilayah Provinsi Banten beberapa hari ini. Cuaca ini berpotensi menimbulkan bencana seperti pohon tumbang, misalnya.

Untuk itu warga Kabupaten lebak, Provinsi Banten, diimbau selalu waspada akan potensi pohon tumbang, atau dahan patah saat musim hujan. Terlebih saat turun hujan deras dan terjadi angin kencang.

Ketika terjadi kondisi cuaca seperti itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengingatkan semua warga, terutama bagi pengemudi roda dua dan roda empat, agar mewaspadai pohon roboh menyusul tibanya cuaca ekstrem yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

“Kami minta pengemudi tetap waspada menghadapi cuaca buruk itu untuk menghindari kecelakaan,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak, Agust Riza Faisal, Minggu (26/11/2023).

Berdasarkan laporan Badan Meteologi Klimatologi dan Geologi (BMKG) diprakirakan cuaca buruk selama beberapa pekan ke depan melanda wilayah Rangkasbitung dan sekitarnya.

Para pengemudi kendaraan tetap waspada menghadapi cuaca buruk guna mengurangi risiko kebencanaan.

Saat ini, banyak pepohonan sepanjang jalan raya maupun jalan kecamatan yang sudah tua dan rapuh, sehingga dikhawatirkan tumbang jika angin kencang disertai hujan lebat.

Para pengemudi kendaraan, kata dia, sebaiknya istirahat atau tidak menjalankan perjalanan jika cuaca buruk.

Bahkan belum lama ini, pohon beringin di ruas Jalan Rangkasbitung-Bogor roboh dan beruntung tidak menimbulkan korban.

“Kami berharap pengemudi kendaraan bila hujan lebat disertai angin kencang tidak melanjutkan perjalanan,” ujarnya menjelaskan.

Salah seorang warga Rangkasbitung, mengatakan dalam mengantisipasi terjadinya bencana, sangat berharap adanya peran serta aparat kelurahan dan kecamatan untuk melakukan pemantauan di masing-masing wilayah.

Baca Juga :  Fantastis! Polri Ajukan Anggaran Capai 49 Triliun, Pengamat: yakin Untuk Pengamanan Pemilu?

Karena hal tersebut, menurur warga itu, bisa mempermudah petugas BPBD untuk mendeteksi adanya kejadian seperti pohon tumbang.

“Kami juga berharap, aparat kelurahan dan kecamatan bisa membantu untuk mengimbau masyarakat tetap waspada,”ujarnya

Facebook Comments
Example 120x600