Scroll untuk baca artikel
Banten RayaPilkada 2024

IeSPA Banten dan Nur Agis Aulia Sepaham Bangun Liga Esport

87
×

IeSPA Banten dan Nur Agis Aulia Sepaham Bangun Liga Esport

Sebarkan artikel ini
Ketua Indonesia Esports Association (IeSPA) Banten Ucu Nur Arief Jauhar (foto paling kiri), bersama Nur Agis Aulia (foto paling kanan), bakal calon (bacalon) Walikota Serang dari PKS. (Foto : Daeng Yusvin)

Triberita.com | Serang Banten – Ketua Indonesia Esports Association (IeSPA) Banten Ucu Nur Arief Jauhar, menyatakan telah membangun kesepahaman dengan Nur Agis Aulia, bakal calon (bacalon) Walikota Serang dari PKS untuk membangun Liga Esports di Kota Serang.

“Nur Agis memahami pentingnya Liga Esport sebagai tonggak utama dalam membangun ekosistem esport. Dengan adanya liga, bukan hanya terbentuknya pertandingan rutin berkesinambungan, tapi juga akan menumbuhkan kegiatan penunjang lainnya. Misalnya pelatih, wasit, tenaga kesehatan di bidang esport hingga supporter club,” kata Ucu.

Liga esport, juga akan menumbuhkan kegiatan ekonomi baru di Kota Serang. Selain ekonomi yang berkaitan langsung dengan esport, seperti honor pemain, hadiah sponsor dan lainnya. Liga esport, juga akan meningkatkan ekonomi lainnya. Seperti pakaian, sablon, kuliner dan event esport.

“Yang lebih penting, liga esport bakal membuat pemain game punya arah yang jelas. Mereka main game itu arahnya jelas, pengen bisa main di liga esport. Jadi enggak semata-mata main game tanpa arah. Karena jika main di liga esport, bukan cuma gengsi, tapi juga dapat penghasilan yang jelas,” ungkap Ucu.

Liga esport yang akan dibangun, terdiri dari dua jenis. Liga esport untuk umum, yang diikut club esport. Satu lagi liga esport pelajar. Terutama liga esport tingkat SMA/SMK. Tapi tidak menutup kemungkinan adanya liga esport tingkat SD dan SMP.

IeSPA adalah organisasi esport di bawah naungan Komite Olah Raga Masyarakat Indonesia (KORMI) dan anggota Komite Olimpiade Internasional (KOI/IOC).

IeSPA Banten terbentuk sejak tahun 2020, dan telah menyelenggarakan event seleksi Kejurnas Esport Smartfren 2020, seleksi Kejuaraan Dunia Esport 2020, LudoKing Turnament 2021 antar jurnalis, Kejurda MLBB 2021 antar SMA/SMK, seleksi Fornas Palembang 2022 dan seleksi Fornas Bandung 2023.

Baca Juga :  PT ASDP Konsisten Mendukung Penanganan Sampah dan Menjaga Kelestarian Lingkungan

Prestasi yang telah diraih, yaitu posisi 2 se Indonesia untuk Tekken 8 tahun 2021, posisi 5 Fornas 2022 untuk PUBG, posisi 5 Fornas 2023 untuk MLBB, dan posisi 3 Fornas 2023 untuk PUBG.

 

Facebook Comments
Example 120x600