Scroll untuk baca artikel
EntertainmentFilm & HiburanJakarta RayaMusic

Ada apa dengan NOAH ? Setelah 20 Tahun Berkarya

293
×

Ada apa dengan NOAH ? Setelah 20 Tahun Berkarya

Sebarkan artikel ini

Triberita.com | Kabupaten Bekasi – Kabar mengejutkan bagi para penggemar NOAH. Melalui sebuah video dan tulisan panjang yang diunggah ke media sosial Instagram, resmi band @noah_site, kelompok musik NOAH resmi berpamitan dari hingar bingar musik tanah air pada awal tahun 2024, ini.

Dalam unggahan, menampilkan video vertikal yang menggambarkan aktivitas para personel dan tim produksi NOAH, baik di depan panggung maupun di belakang panggung sejak 2012 hingga saat ini, termasuk kumpulan ekspresi para penonton band tersebut.

NOAH menghadirkan visualisasi rangkuman perjalanan karier mereka dengan menggunakan latar belakang lagu ‘Terbangun Sendiri’ yang berasal dari album perdana band bertajuk ‘Seperti Seharusnya’ (2012).

Para personel NOAH, yang sebelumnya berada di bawah bendera band Peterpan yaitu vokalis Ariel dan gitaris Lukman, plus pemain keyboard David yang bergabung belakangan, menuliskan ucapan perayaan tahun baru disertai rangkaian apresiasi untuk semua orang yang telah memberikan kontribusi terhadap perjalanan band sejak hingga 2023. Hingga berita ini disiarkan, unggahan tersebut menuai reaksi positif lebih dari 55 ribu pengguna Instagram dan komentar dari 3.000-an orang.

“Selamat Tahun Baru 2024 untuk kita semua. Sahabat. Terima kasih untuk segala-galanya selama ini. Terima kasih atas setiap dukungannya terhadap karya-karya kami, bahkan terhadap setiap individu yang ada di NOAH. Kami akan merindukan setiap apresiasi kalian dan kami akan selalu mengingatnya,” tulis pernyataan resmi band.

NOAH melalui unggahan tersebut juga memberikan apresiasi dengan menyematkan sejumlah nama yang selama ini dikenal menjadi bagian dari manajemen, tim kreatif, pemain musik tambahan, tim produksi, dan tim dokumentasi NOAH, serta perwakilan label musik Musica Studios. Akun resmi Musica Studios pun menanggapi unggahan tersebut dengan memberikan emoji hati berwarna merah.

Baca Juga :  Tahun Politik, DPD Golkar Jawa Barat Gelar Bimtek di Karawang, Ace Hasan Syadzily Targetkan 25 Kursi

“Terima kasih banyak untuk label kami, @musicastudios dan Ibu @indrawatiacin Terima kasih selalu mendukung kreativitas kami selama ini. Sehat selalu untuk kalian semua yang menjadi bagian PT. Musica Studios. Terima kasih banyak untuk tim management, additional players, tim produksi, tim kreatif dan tim dokumentasi kami selama ini, @benyo311 @mamadchristian @dwiwendha @chandrasamhari @rio_alief @lanlanstrangers @iwanroomseven @i.m_drums @tomhankzz @wahyupersonal @fnmahardhika @olegscbtr @nop_site @hafizhweda @josuasantosa @alfrindn @panjiokky @alvindenatal Semoga naik turunnya perjalanan kita dapat menjadi kenangan manis yang bisa kita ingat di kemudian hari,” bunyi tulisan panjang NOAH di Instagram.

Pada bagian pengujung unggahan, band yang menelurkan sejumlah hit seperti “Separuh Aku”,“Hidup Untukmu, Mati Tanpamu”, dan “Tak Lagi Sama” itu juga menebarkan apresiasi untuk media massa dan promotor musik tanah air.

“Terima kasih banyak kepada seluruh partner, EO, Promotor, Media, Radio, TV dan lainnya. Terima kasih banyak. Kami pamit. Dari kami @arielnoah , @lukmannoah , @dorfel_dave Sampai jumpa lain waktu,” NOAH menutup unggahannya, melalui sebuah video dan tulisan panjang yang diunggah ke media sosial Instagram resmi band @noah_site, pada Selasa (2/1/2024) lalu.

Sebelumnya, Ariel NOAH mengumumkan pada beberapa kesempatan, bahwa dia dan band membutuhkan momentum untuk rehat dari rutinitas bermusik yang menguras otak dan tenaga, hingga rentang waktu yang belum dapat dipastikan. Pilihan untuk “tidur panjang” memastikan band tersebut tidak akan merilis karya atau manggung di bawah di bawah bendera NOAH sejak awal tahun ini.

Peterpan berhasil menarik perhatian industri musik era 2000-an saat digaet label Musica Studios. Mereka akhirnya merilis album Taman Langit (2003), diikuti Bintang di Surga (2004).

“Terima kasih atas setiap dukungannya terhadap karya-karya kami, bahkan terhadap setiap individu yang ada di NOAH,” tulis pernyataan NOAH melalui Instagram @noah_site, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga :  KTT ASEAN Berakhir, Kapolri Pastikan Seluruh Pengamanan Berjalan Lancar

“Kami pamit. Dari kami @arielnoah, @lukmannoah, @dorfel_dave. Sampai jumpa lain waktu,” lanjutnya.

Pengumuman itu memastikan NOAH vakum setelah berkiprah di industri musik Indonesia selama sekitar 12 tahun. Namun, rentang karier band tersebut sesungguhnya terhitung sudah lebih dari dua dekade.

NOAH yang beranggotakan Ariel, Lukman, dan David itu merupakan nama terbaru dari grup band Peterpan yang dibentuk di Bandung pada 2000.

Kala itu, Ariel, Andika, Indra, Lukman, Reza, dan Uki mendirikan band bernama Peterpan yang mengusung genre rock alternatif dan pop rock.

Peterpan berhasil menarik perhatian industri musik era 2000-an saat digaet label Musica Studios. Mereka akhirnya merilis album Taman Langit (2003), diikuti Bintang di Surga (2004).

Kedua album itu melambungkan nama Peterpan sebagai band arus utama era 2000-an. Nyaris semua single dari Taman Langit dan Bintang di Surga memikat perhatian pencinta musik.

Beberapa di antaranya bahkan masih membekas dalam ingatan hingga sekarang, seperti Semua Tentang Kita, Topeng, Ada Apa Denganmu, Aku, hingga Mungkin Nanti.

Karier Peterpan berlanjut dengan album Hari yang Cerah (2007). Namun, setahun sebelum perilisan album itu, Peterpan diterpa konflik internal yang berujung keluarnya Andika dan Indra.

Andika dan Indra kemudian membentuk band The Titans, sementara Peterpan menambah personel baru bernama David pada keyboard dan Luki pada bass.

Perubahan besar kembali terjadi pada 2008. Peterpan resmi mengumumkan David sebagai personel tetap, sementara Luki keluar dari band tersebut.

Pada 19 Oktober 2008, band itu mengadakan konser terakhir lantaran memutuskan untuk melepaskan nama Peterpan.

Mereka kemudian menjalani masa-masa bermusik tanpa nama band, sehingga hanya memakai nama “Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David.”

Baca Juga :  Raih Medali Emas Kejuaraan Taekwondo, Personel Polda Metro Jaya Terima Penghargaan

Mereka sesungguhnya berniat mengumumkan nama baru pada 2010. Namun, rencana itu tertunda lantaran Ariel harus menjalani masa tahanan terkait kasus video seks.

Dua tahun berselang, yakni pada 2 Agustus 2012, band itu mengumumkan nama band baru, NOAH. Mereka juga resmi comeback melalui single Separuh Aku pada 3 Agustus 2012.

NOAH kemudian tercatat merilis dua album berjudul Seperti Seharusnya (2012) serta Keterkaitan Keterikatan (2019).

Sejak berubah menjadi NOAH, band itu juga ditinggalkan dua personel. Reza memutuskan keluar pada Januari 2015, sementara Uki hengkang pada Agustus 2019.

Beberapa tahun sebelum pamit, NOAH sempat merilis proyek Second Chance pada Desember 2021. Proyek itu merupakan perilisan album Taman Langit versi NOAH dan sederet konser musik sepanjang 2022.

NOAH juga sempat menggarap ulang Bintang di Surga, Menghapus Jejakmu, serta Hari yang Cerah versi terbaru.

Facebook Comments
Example 120x600