Scroll untuk baca artikel
Berita

Banyak Korban, Polres Serang Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Lowongan Kerja

128
×

Banyak Korban, Polres Serang Imbau Masyarakat Waspada Penipuan Lowongan Kerja

Sebarkan artikel ini
Kapolres Serang Banten, AKBP Wiwin Setyawan.(foro: Ist)

Triberita.com | Serang Banten – TS (57), warga Kampung Suka Urip, Desa Kramatjati, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, dicokok personil Satreskrim Unit Harda Polres Serang Polda Banten. TS diduga makelar tenaga kerja dan nilep uang milik pencari kerja.

Dalam keterangannya kepada awak media, Kapolres Serang AKBP Wiwin Setiawan melalui Kasatreskim AKP Andi Kurniady ES mengungkapkan kronologis kejahatan yang dilakukan TS. Tersangka TS, kata Andi Kurniady, awalnya menemui korban dan menawarkan pekerjaan kepada Siti Rohilah (41) perihal lowongan pekerjaan di PT Lung Cheong Brother di Kecamatan Kragilan.

“Kepada korban Siti, tersangka mengaku bisa membantu korban kerja di PT Lung Cheong asalkan mau memberikan uang sebesar Rp 14,5 juta sebagai administrasi masuk kerja,”ujar Kasatreskim, Selasa (14/11/2023).

Lantaran tergiur dengan janji TS bisa menjadikannya karyawan PT Lung Cheong, korban pada akhir bulan Juli 2023 lalu menyerahkan uang yang diminta tersangka.

Bersamaan dengan penyerahan uang, korban warga Desa Kendayakan, Kecamatan Kragilan itu juga memberikan 4 berkas lamaran.

“Namun setelah waktu yang dijanjikan terlewati, panggilan dari perusahaan tidak kunjung ada. Bahkan tersangka semakin sulit ditemui. Merasa dirinya telah menjadi korban penipuan, korban melaporkan pelaku ke Mapolres Serang,” kata Andi Kurniady.

Berbekal dari laporan tersebut, Tim Unit Harda yang dipimpin Ipda M Aqlizar Akbar Saidi segera mendatangi rumah tersangka, namun pria yang menjadi target penangkapan tidak ada di rumahnya.

“Beberapa kali petugas mendatangi rumahnya, namun tersangka selalu tidak ada di rumah. Tersangka TS baru bisa diamankan pada hari Minggu (12/11/2023) di rumahnya, setelah mendapat informasi dari masyarakat,” ujar Kasatreskim.

Dalam kesempatan itu, Kasatreskim mengimbau kepada masyarakat, khususnya para pencari kerja untuk berhati-hati jika ada tawaran bisa membantu mendapatkan pekerjaan, terlebih dari orang yang baru dikenalnya.

Baca Juga :  Gunakan Perahu, Sejumlah Ormas di Kabupaten Bekasi Distribusikan Paket untuk Korban Banjir

“Harus ekstra hati-hati agar tidak menjadi korban penipuan. Jika mendapat tawaran jangan langsung percaya, cek terlebih dahulu ke perusahaannya. Lebih bagus lagi, tanyakan status orang yang menawarkan pekerjaan itu kepada pihak perusahaan,” pesannya.

Facebook Comments
Example 120x600