Scroll untuk baca artikel
PendidikanBanten Raya

Jam Pelajaran Sekolah Selama Bulan Ramadhan 2023 Dikurangi

61
×

Jam Pelajaran Sekolah Selama Bulan Ramadhan 2023 Dikurangi

Sebarkan artikel ini

Penyesuaian jam pada KBM di jenjang SD dan SMP, dilakukan untuk memberi ruang bagi pelajar maupun tenaga pendidik dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Tb Suherman (tengah). (Foto: Daeng Yusvin)
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Tb Suherman (tengah). (Foto: Daeng Yusvin)

Triberita.com, Serang Banten – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Dindikbud Kota Serang memberlakukan penyesuaian jam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama bulan suci Ramadhan jenjang SD dan SMP.

Penyesuaian jam pada KBM di jenjang SD dan SMP, dilakukan untuk memberi ruang bagi pelajar maupun tenaga pendidik dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, dengan mengurangi aktivitas pada jam pembelajaran.

Penyesuaian jam pada kegiatan belajar mengajar diinformasikan melalui surat edaran yang sudah di sampaikan ke sekolah masing-masing, baik itu libur awal puasa, ataupun kegiatan selama bulan Ramadhan.

“Selama bulan suci Ramadhan kami menyesuaikan jam KBM baik itu untuk jenjang SD maupun SMP di Kota Serang dan kami juga sudah sebarkan surat edaran sebelum libur awal Ramadhan,” kata Kepala Dindikbud Kota Serang Tb Suherman kepada awak media, Kamis (23/3/2023).

Ia mengatakan, waktu pengurangan jam kegiatan belajar mengajar sekitar 30 menit.

“Biasanya masuk pukul 07.00 WIB. Di Ramadhan masuk pukul 07.30 WIB, pulangnya juga sama dikurangi biasanya pukul 14.30 WIB, dikurangi pukul 14.00 WIB,” katanya.

“Waktu masuk dan pulang berkurang selama bulan suci Ramadhan baik itu untuk jenjang SD maupun SMP,” ujarnya.

Selama bulan puasa, Suherman mengajak SD maupun SMP untuk menggelar program Ramadhan. Hal ini bertujuan agar sekolah melaksanakan kegiatan pesantren Ramadhan.

“Saya mendorong satuan pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan pesantren Ramadhan,” ucapnya.

Kebijakan itu sudah disampaikan ke setiap sekolah melalui surat edaran jelang libur Ramadhan 2023.

“Untuk awal Ramadhan kita liburkan mulai dari tanggal 23-25 Maret 2023, untuk ditanggal 22 kan masuk cuti bersama,” katanya.

Facebook Comments
Example 120x600