Scroll untuk baca artikel
KesehatanBeritaHealth

Tips agar Tetap Sehat

103
×

Tips agar Tetap Sehat

Sebarkan artikel ini

Berlibur dapat membuat tubuh menjadi rileks dan meredakan stres fisik, sehingga perbaikan sel-sel dan jaringan di dalam tubuh juga bisa berlangsung lebih optimal

Ilustrasi
Ilustrasi

Triberita.com, Tips Kesehatan – Ketika berlibur, penyakit atau gangguan kesehatan, seperti diare, demam, atau flu, bisa saja terjadi. Agar tubuh tetap sehat dan manfaat liburan tetap bisa didapatkan, ada beberapa tips sehat selama liburan yang bisa diterapkan.

Liburan dapat memperbaiki suasana hati, memulihkan energi dan pikiran, hingga mendukung kesehatan fisik dan mental untuk jangka panjang. Agar bisa memanfaatkan waktu berlibur dengan sebaik-baiknya, Anda juga perlu menjaga kesehatan selama liburan.

Tips Menjaga Kesehatan Selama Liburan

Stres bisa berkembang menjadi depresi yang berujung pada masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya oleh orang dewasa, stres juga bisa dialami oleh anak-anak karena banyaknya tugas sekolah.

Berlibur dapat membuat tubuh menjadi rileks dan meredakan stres fisik, sehingga perbaikan sel-sel dan jaringan di dalam tubuh juga bisa berlangsung lebih optimal. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan motivasi dan performa kerja.

Memperbaiki suasana hati

Liburan dapat memperbaiki mood yang buruk akibat tekanan pekerjaan atau nilai ujian sekolah yang tidak memuaskan. Bahkan, rasa bahagia ini bisa muncul sebelum pergi liburan dan bertahan setelah liburan usai.

Menjaga keharmonisan keluarga

Liburan yang dilakukan bersama anggota keluarga dapat menjaga keharmonisan keluarga. Menghabiskan waktu lebih lama dengan keluarga atau melakukan family time akan membuat Anda dan anggota keluarga lebih mengenal satu sama lain.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Bekerja atau belajar terlalu keras tanpa istirahat yang cukup dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa membuat Anda atau anggota keluarga terserang pilek, flu, bahkan gangguan kesehatan lainnya yang lebih serius.

Nah, liburan dapat mengistirahatkan tubuh dari padatnya rutinitas, sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, liburan juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga :  Olahraga yang Dapat Turunkan Resiko Diabetes?

Mengembalikan fokus dan energi

Pekerjaan dan tugas sekolah yang tidak ada ujungnya bisa menurunkan fokus dan konsentrasi. Inilah pentingnya mengambil waktu untuk berlibur. Liburan dapat mengembalikan fokus dan energi tubuh, sehingga Anda dan anggota keluarga bisa menjadi lebih produktif dan energik saat kembali bekerja atau sekolah.

Jika liburan direncanakan dengan matang dan dilakukan dengan penuh rasa bahagia, beragam manfaat liburan tersebut tidak hanya bertahan selama beberapa hari, tetapi juga bisa berbulan-bulan.

Sekali lagi, tips di atas dapat Anda terapkan agar tubuh bugar dan tetap sehat selama liburan. Dengan demikian, manfaat liburan untuk kesehatan fisik dan mental bisa didapatkan dengan maksimal. Setelah kembali dari berlibur, Anda dan keluarga pun bisa segera kembali melakukan aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air mineral yang cukup selama liburan, ya. Jika Anda atau anggota keluarga sampai mengalami gejala dehidrasi maupun gangguan kesehatan lainnya, sebaiknya periksakan diri ke dokter tanpa harus menunggu pulang dari berlibur.

Cara mudah menjaga kesehatan tubuh:

Makan Makanan yang BergiziSejak kecil kita sudah dikenalkan dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Jadi, pastikan tubuh kamu kamu selalu menerima asupan nutrisi yang seimbang.

Olahraga Rutin. …

Perbanyak Minum Air Putih. …

Kelola Tidur dengan Baik. …

Mengelola Stres.

Tips Hidup Sehat

Mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang. …

Mengelola stres dan selalu berpikir positif. …

Minum air putih minimal 2 liter sehari. …

Istirahat cukup dan tidur teratur. …

Rajin berolahraga. …

Selalu berdoa. …

Menghentikan berbagai kebiasaan buruk.

 

Reporter / Penulis: Daeng Yusvin

Editor: Riyan

Facebook Comments
Example 120x600