Scroll untuk baca artikel
Berita

Dilantik Presiden Jokowi, Jenderal TNI Agus Subiyanto Resmi Jadi Panglima TNI

49
×

Dilantik Presiden Jokowi, Jenderal TNI Agus Subiyanto Resmi Jadi Panglima TNI

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara Jakarta, Rabu (22/11/2023)

Triberita.com | Jakarta – Usai disahkan oleh DPR RI dalam rapat paripurna ke-9 pada Senin 21 November 2023 kemarin, hari ini Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menjadi Panglima TNI setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi melantik Agus Subiyanto di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023). Jokowi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan Agus SUbiyantio ditandai dengan penyematan tanda pangkat kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto oleh Presiden Jokowi.

Beberapa ham kemudian, dihari yang sama, Jenderal TNI Agus Subiyanto langsung mengikuti upacara sertijab dengan Laksamana TNI Yudo Margono di Plaza Mabes TNI, Jakarta.

Dalam keterangan persnya usai sertijab, kepada awak media, Agus menyampaikan, dirinya akan melanjutkan program-pogram Panglima TNI sebelumnya.

“Program saya akan melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan Panglima TNI sebelumnya. Sesuai visi misi saya, TNI yang PRIMA, profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif,” kata Jenderal TNI Agus Subiyanto saat jumpa pers selepas upacara sertijab di Plaza Mabes TNI.

Sedangkan Laksamana TNI Yudo Margono, pada kesempatan itu pun pamit dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden RI kepada dirinya sejak dia dilantik sebagai Panglima pada 19 Desember 2022 sampai akhirnya purna tugas pada 22 November 2023.

“Saya mengucapkan terima kasih dan pada seluruh jajaran TNI di mana pun bertugas, saya mohon pamit, dan saya menitipkan TNI tetap profesional, modern, dan tangguh,” kata Laksamana Yudo dalam jumpa pers yang sama.

Dalam upacara sertijab itu, Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan bertindak sebagai komandan upacara. Kolonel Sandy sehari-hari bertugas sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang. Kemudian, perwira upacara ialah Kolonel Kalavaleri Jeffri Pramono, yang saat ini bertugas sebagai Asisten Operasi Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Baca Juga :  Hari Ini Presiden Jokowi Ulang Tahun ke-63, Tetap Ngantor di Istana

Di sekitar area upacara, jajaran alutsista TNI turut dipamerkan, diantaranya Meriam Howitzer TNI AL, kendaraan taktis Anoa Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP), Roket Mistral TNI AD, kendaraan taktis APC Turangga TNI AU, dan Oerlikon Skyshield.

Jenderal TNI Agus Subiyanto menjabat sebagai Panglima TNI setelah diusulkan sebagai calon tunggal oleh Presiden RI Joko Widodo. Pencalonan Agus hanya berselang beberapa hari setelah dia resmi menjabat sebagai Kepala Staf TNI AD (Kasad) pada 27 Oktober 2023.

Dengan demikian, Agus pun tidak sampai sebulan menjabat sebagai Kasad. Sejauh ini, belum ada perwira tinggi TNI AD bintang tiga yang ditetapkan sebagai Kasad pengganti Agus Subiyanto.

Dalam satu hari pertamanya setelah resmi menjadi Panglima TNI, Agus Subiyanto dijadwalkan langsung bertolak ke Papua pada Rabu sore untuk mendampingi kegiatan Presiden RI.***

Facebook Comments
Example 120x600