Scroll untuk baca artikel
Banten RayaBeritaBisnis

Dishub Cilegon Bakal Tambah Pintu Perlintasan Kereta, Ini Rencananya!

50
×

Dishub Cilegon Bakal Tambah Pintu Perlintasan Kereta, Ini Rencananya!

Sebarkan artikel ini

Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Perhubungan akan menambah pemasangan empat palang pintu perlintasan kereta api

Ilustrasi
Ilustrasi

Triberita.com, Cilegon Banten – Guna untuk meningkatkan pengamanan pengguna jalan di perlintasan kereta api, Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Perhubungan akan menambah pemasangan empat palang pintu perlintasan kereta api.

Menurut Plt Kepala Dishub Kota Cilegon Mariano, penambahan pintu perlintasan itu, disebar di dua wilayah Kota Cilegon yakni di Cigading dan Pulomerak.

“Jadi total ada 4 JPL (jalur perlintasan langsung-red) yang akan kita bangun di tahun ini, dengan biaya kurang lebih sekitar Rp2,1 miliar,” terang Mariano, Selasa (29/8/2023).

Dituturkan Mariano, pemasangan palang pintu kereta api akan dilakukan secara bertahap. Mengingat, dari ketersediaan anggaran untuk membangun dan memasang palang pintu kereta api yang tidak sedikit.

“Kita bertahap, membangun palang pintu perlintasan kereta api ini biaya cukup besar, tahun ini kita mampu 4 palang pintu. Sedangkan yang sudah terpasang baru ada 8 palang pintu,” terangnya.

Mariano menambahkan, sebanyak 9 palang pintu lagi yang belum dibangun, karena jumlah keseluruhan perlintasan kereta api di Kota Cilegon ada 21 titik perlintasan.

Dengan menyisakan 9 bidang perlintasan kereta api tersebut, pihaknya bakal terus melakukan penganggaran untuk pemasangan palang pintu kereta api, sehingga diharapkan rampung di tahun 2024 mendatang.

“Berbicara target, ingin secepatnya. Tetapi karena menelan anggaran  yang  lumayan besar, jadi kita bertahap seperti tahun ini kita bakal bangun empat palang pintu perlintasan,” terangnya.

Untuk diketahui, pemasangan pintu perlintasan merupakan wewenang Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI melalui Dinas Perhubungan seluruh kab/kota, dan dipasang berdasarkan usulan permintaan setiap daerah untuk menambah faslitisa tersebut.

Adapun prosedur penambahan tersebut, harus ada usulan dari kepala dearah setempat yang dikirim ke Dirjen Perkeretaapian RI untuk dipasang pintu perlintasan baru.

Baca Juga :  DPRD Lebak Murka, Bakal Sambangi BPK RI, ini alasannya

Selanjutnya, usulan akan dibahas guna menganggarkan dananya. KAI hanya operator yang mengoprasikan kereta api, serdangkan yang punya program adalah pemerintah melalui Dinas Perhubungan (Dishub).

Facebook Comments
Example 120x600