Scroll untuk baca artikel
BeritaJawa BaratPendidikan

Kasus Pungli SMPN 1 Subang, Kini Diaudit Inspektorat Daerah

113
×

Kasus Pungli SMPN 1 Subang, Kini Diaudit Inspektorat Daerah

Sebarkan artikel ini
Kantor Inspektorat Daerah Kabyupaten Subang.(Foto: Istimewa)

Triberita.com | Subang – Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Subang mulai melakukan Audit Investigatif terkait dugaan pungli di SMPN 1 Subang. Instruksi audit tersebut perintah PJ Bupati Subang untuk segera mentuntaskan persoalan kasus pungli tersebut.

Sebelumnya Satgas Saber Pungli menggelar Gelar perkara pada Jum’at lalu 12 Januari 2024 bertempat di aula Polres Subang yang dihadiri jajaran tim satgas dari semua unsur Lembaga penegak hukum.

Kepala inspektorat Daerah (IRDA) Kabupaten Subang, Memet Hikmat kepada awak media, Kamis (18/1/2024) kemarin mengatakan, permintaan audit tersebut tim Saber Pungli yang diperintah langsung oleh PJ Bupati Subang.

“Sedang dilaksanakan audit oleh tim Irsus, kemarin hari rabu kita langsung kordinasi dengan Saber Pungli Kabupaten, dilanjut kita langsung entry meeting dengan SMPN 1,” ujarnya.

“Poses audit mudah-mudahan minggu depan selesai dan hasilnya bisa kami sampaikan ke Saber Pungli,” imbuhnya.

Sebelumnya, Tim satgas saber pungli Kabupaten Subang gerak cepat lakukan penyelidikan terkait ramainya pemberitaan dugaan pungli di SMPN 1 Subang.

Ketua tim satgas saber pungli Kabupaten Subang Endar Supriyatna, S.Kom,. S.I.K dalam siaran pers nya mengatakan informasi terkait viralnya dugaan pungli di SMPN 1 Subang saat ini tim sedang menindaklanjuti dan melakukan pendalaman, apakah yang terjadi di SMPN 1 itu bentuknya pungutan atau sumbangan, ini masih dalam proses pendalaman penyelidikan.

Terkait terbukti atau tidaknya adanya pungutan kata Endar, mekanisme di satgas saber pungli ini ada dua. Apakah di lanjutkan ke aparat penegak hukum (APH), apakah ke aparat pengawas pemerintah (APIP).

“Nanti dari pendalaman penyelidikan, jika cukup bukti itu tergolong pungutan maka akan di lanjutkan ke APH,” ujar Endar.

Facebook Comments
Example 120x600