Scroll untuk baca artikel
Banten RayaBerita

Pj Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar Gencarkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

85
×

Pj Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar Gencarkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Sebarkan artikel ini
Pj Ketua TP PKK Banten Tine Al Muktabar pada kegiatan Panen Raya Cabai, Bawang Merah dan Rambutan bersama Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, di Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Pemerintah Provinsi Banten, Jumat (19/1/2024).

Triberita.com | Serang Banten – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten, Tine Al Muktabar saat ini sedang gencarkan pemanfaatan lahan pekarangan oleh masyarakat.

“Lahan pekarangan bermanfaat untuk peningkatan ketahanan pangan dan ekonomi keluarga,” kata Tine.

Hal tersebut diungkapkannya usai melaksanakan kegiatan Senam Bersama dan Panen Raya Cabai, Bawang Merah dan Rambutan bersama Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, di Kawasan Sistem Pertanian Terpadu (Sitandu) Pemerintah Provinsi Banten, Jumat (19/1/2024).

Tine Al Muktabar menjelaskan, pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Pemanfaatan lahan pekarangan memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga, antara lain sebagai sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan.

Untuk pemanfaatan lahan pekarangan, TP PKK Provinsi Banten sedang menggalakan Gerakan setiap rumah menanam cabai. Gerakan tersebut, dilaksanakan melalui kader-kader PKK yang sehari-hari berada dalam lingkungan masyarakat.

“Para kader diharapkan mampu membina anggotanya untuk menanam cabai di lingkungan rumahnya masing-masing,” ungkapnya.

Pemilihan tanaman cabai, kata dia, adalah sebagai upaya membantu pemerintah dalam pengendalian inflasi.

“Cabai merupakan salah satu komoditi yang menyumbang tingginya angka inflasi,” katanya.

Selain itu, tanaman cabai tidak memerlukan lahan yang luas. Cabai bisa ditanam dengan sistem polybag.

“Paling tidak, melalui Gerakan tanam cabai, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dirinya sendiri,”tambahnya.

Selain itu, lanjut Tine Al Muktabar, TP PKK Provinsi Banten juga menggalakkan budi daya ikan dengan sistem bioplok di lingkungan pekarangan. Masyarakat yang memiliki lahan pekarangan, diharapkan tergerak membudidayakan ikan.

Program ini terintegrasi dengan program penanganan stunting di Provinsi Banten yang dilaksanakan TP PKK Provinsi Banten.

“Ikan merupakan sumber protein, sebagai upaya penanganan stunting,”katanya.

Baca Juga :  Petugas KRL Lecehkan Penumpang Wanita, Polisi Dalami Kasusnya

Untuk itu, TP PKK Provinsi Banten sudah melaksanakan program percontohan budi daya ikan patin dengan sistem bioplok di pekarangan kantor TP PKK Provinsi Banten. “Hasilnya, cukup menggembirakan,” kata Tine Al Muktabar.

Dalam panen perdana, TP PKK Provinsi Banten sudah mampu menghasilkan 150 kg ikan patin. Kegiatan tersebut, akan terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Banten mendukung sepenuhnya gerakan setiap rumah menanam cabai oleh TP PKK Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus Tauhid mengatakan, gerakan setiap rumah menanam cabai telah membantu pemerintah meningkatkan produksi cabai.

Pihaknya, mendukung program PKK tersebut dengan menyediakan 1 juta bibit cabai. “Program PKK sangat membantu mendongkrak produksi cabai di Provinsi Banten,” katanya.

Facebook Comments
Example 120x600