Scroll untuk baca artikel
HealthBanten RayaKesehatan

Tak Sempat Sahur? Enggak Usah Khawatir Ini Beberapa Tips Bakal Bikin Kalian Tetap Kuat Saat Berpuasa

115
×

Tak Sempat Sahur? Enggak Usah Khawatir Ini Beberapa Tips Bakal Bikin Kalian Tetap Kuat Saat Berpuasa

Sebarkan artikel ini

Tidak perlu khawatir banyak cara yang bisa kamu lakukan agar puasamu tetap terasa ringan

Ilustrasi Tips Hindari lemas saat menjalankan puasa.
Ilustrasi Tips Hindari lemas saat menjalankan puasa.

Triberita.com, Tips Kesehatan SAHUR adalah nutrisi bagi tubuh saat menjalankan ibadah puasa, namun tertinggal waktu sahur merupakan hal yang sering dirasakan oleh umat muslim.

Tidak perlu khawatir banyak cara yang bisa kamu lakukan agar puasamu tetap terasa ringan.

Tertinggal waktu sahur biasanya terjadi karena terlalu capek atau lupa pasang alarm, kamu juga bisa berpuasa padahal kamu tidak sahur lho. Banyak tips agar puasamu tidak terasa lemas walaupun tidak makan sahur.

Tidak usah risau, jika kamu belum bisa makan sahur, banyak tips yang bisa kamu lakukan agar puasamu terasa ringan. Yuk kita simak tips ini agar puasamu terasa ringan!!

– Kuatkan iman

Tips pertama tidak hanya untuk orang-orang yang lupa sahur saja. Kamu bisa niatkan puasamu hanya karena Allah ta’ala. Terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang menerangkan akan puasa yang ditujukkan kepada orang-orang yang beriman. Jadi, jika kamu lupa sahur usahakan niat dalam hati bahwa puasa yang kamu jalani semata-mata hanya untuk Allah SWT.

– Mandi Air Dingin

Perlu diketahui bahwa berdasarkan penelitian Behavioral and Brain Function Journal menunjukkan bahwa mandi air dingin memiliki manfaat membuat kita terasa lebih segar dan tak lemas. Saat lupa sahur, mandi air dingin selama 3-5 menit akan membuat kalian lebih segar dan bersemangat meski lupa sahur.

Selain itu, air dingin juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, karena memaksa tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu yang stabil.

Namun, karena durasi khas mandi dingin hanya sekitar 5-10 menit, seseorang tidak boleh mengandalkan efek peningkatan metabolisme sebagai teknik penurunan berat badan.

– Hindari berfikir tentang makanan

Baca Juga :  Kasus Temuan Mayat Bayi, Dua Pelajar di Kabupaten Lebak Banten Ditangkap Polisi

Selain dilarang oleh agama, berfikir tentang makanan juga dapat membuat puasamu terasa berat. Pemikiran akan merespon keseluruh tubuh yang menyebabkan timbul rasa lapar.

– Hindari Pekerjaan Berat

Cara agar kalian tetap kuat berpuasa saat lupa sahur, adalah sebisa mungkin menghindari pekerjaan berat, seperti olah raga ekstrem, atau kegiatan lain yang membutuhkan kekuatan fisik. Namun, jika memang tidak bisa menunda pekerjaan itu, cobalah lakukan semampu kalian.

Jika dirasa sudah tidak kuat, beristirahatlah dan jangan memaksakan diri. Jika memaksakan diri bisa jadi tubuh tidak kuat dan pada akhirnya kalian akan jatuh sakit.

Jika sudah begini, kalian jadi tak akan bisa berpuasa selama beberapa hari ke depan sampai benar-benar pulih.

– Perbanyak Aktivitas ringan

Aktivitas ringan bisa kamu lakukan, selain untuk mengalihkan pikiran mu, aktivitas juga bisa membuat waktu mu lebih produktif dan lebih cepat. Aktivitas ini bisa kamu lakukan seperti membersihkan rumah, mengerjakan pekerjaan, membaca Al-qur’an dqn sebagainya.

– Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup agar tenaga mu tidak habis percuma. Saat kamu tidak sahur energi yang diterima bagi tubuh sangat sedikit hal ini bisa membuat mu merasa sedikit lemas. Kamu bisa beristirahat yang cukup agar tubuhmu tetap terjaga dan tetap fit.

– Hindari tempat yang memicu dehidrasi

Tempat yang panas membuat tubuhmu mengeluarkan banyak cairan, sehingga kamu merasa lemas dan dehidrasi. Kamu bisa hindari tempat-tempat panas yang bisa memicu rasa haus dan lapar.

Nah, berikut tadi tips agar kamu bisa menjalankan puasa meskipun tidak sahur. Kamu bisa lakukan tips tadi agar waktumu terasa cepat, namun saat berbuka puasa jangan lupakan nutrisi dan vitamin agar tubuhmu tidak lemas dan tidak sakit.

Baca Juga :  Ribuan Relawan Ganjar-Mahfud Hadiri Rakornas se-Pulau Jawa di JIExpo Kemayoran

Kamu bisa pasang alarm sebelum kamu tidur untuk meminimalisasi tertinggal waktu sahur dan tidur diawal waktu atau tidak tidur diatas jam 10 malam. Karena selain tubuhmu perlu istirahat, tubuhmu juga perlu mendapatkan nutrisi yang terjaga saat berpuasa.

Facebook Comments
Example 120x600