Scroll untuk baca artikel
Banten RayaBeritaKriminalNews

Forkopimda Kota Serang Deklarasi Anti Kekerasan dan Narkoba Dikalangan Remaja

71
×

Forkopimda Kota Serang Deklarasi Anti Kekerasan dan Narkoba Dikalangan Remaja

Sebarkan artikel ini

Polresta Serang Kota, Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Serang.

Tujuh pelaku tawuran berinisial RO (15), B (15), S (15), A (15), K (15), R(13), dan MTP (16), diamankan unit Reskrim Polsek Neglasari, Tangerang. (Foto : Daeng Yusvin)
Tujuh pelaku tawuran berinisial RO (15), B (15), S (15), A (15), K (15), R(13), dan MTP (16), diamankan unit Reskrim Polsek Neglasari, Tangerang. (Foto : Daeng Yusvin)

Triberita.com, Serang – Aktivitas tawuran dan geng motor di wilayah Kota Serang, yang merupakan ibu kota dari Provinsi Banten, dan kerap disebut sebagai Kota Madani, dinilai sudah mengganggu dan meresahkan masyarakat.

Untuk itu, Polresta Serang Kota, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Serang, dan elemen Masyarakat, menggelar Deklarasi Tolak Tawuran Pelajar, Geng Motor, dan Anti Narkoba di Aula Ousvia, Polresta Serang Kota.

Acara diisi dengan pembacaan deklarasi dan ikrar kepada perwakilan komunitas motor, eks geng motor dan perwakilan anak sekolah, dan penandatanganan deklarasi.

Kapolresta Serang Kota, Kombes Pol Nugroho Arianto mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan pihaknya dalam menangani kasus kriminalitas, genk motor, termasuk narkoba.

“Melalui kegiatan deklarasi bersama ini terbentuk suatu pemahaman untuk sama-sama menjaga situasi (Kamtibmas) Kota Serang yang kondusif dan aman,” ujarnya usai acara, pada Jumat (10/02/23) kemarin.

Ia menjelaskan, untuk menekan aksi tersebut, Polresta Serang Kota mengaku terus berkeliling ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan tawuran antar pelajar, hingga bahaya narkoba.

“Dalam kegiatan sosialiasqsi ini sekaligus memberitahu pelajar, resiko jika bergabung dengan geng motor dan terlihat keributan,” katanya.

Tak hanya itu, kata Nugroho, pada malam hari terutama di hari libur menerjunkan petugas patroli untuk mencegah tindak kejahatan jalanan, tawuran serta peredaran narkoba.

Dandim 0602/Serang Letkol Arm. Fajar Catur Prasetyo mengatakan, pihaknya memiliki tanggungjawab untuk bersinergi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Serang untuk menciptakan suasana kondusif.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan focus group discussion (FGD) bersama Kepala Sekolah di wilayah Serang sebagai langkah antisipasi terjadinya tawuran antar pelajar,” katanya.

Sementara itu, Ketua (DPRD) Kota Serang Budi Rustandi mengatakan, saat ini kejadian tawuran dan kekerasan di Kota Serang mulai turun. Budi meminta kepada Pemkot Serang berkomitmen melakukan pencegahan tindakan kekerasan.

Baca Juga :  Panglima TNI memimpin langsung Rotasi Mutasi dan Promosi Jabatan 223 Perwira Tinggi

“Makanya kami juga sepakat dengan Walikota untuk memberikan bantuan operasional berupa kendaraan bermotor sebagai fasilitas penunjang patroli untuk petugas kepolisian dan TNI,” katanya.

Budi mengapresiasi tindakan Polresta Serang Kota dan Kodim Serang secara aktif melakukan sosialisasi serta edukasi kepada siswa sekolah sebagai upaya pencegahan adanya tawuran pelajar.

“Tentu kami sangat apresiasi kepada polresta serang kota dan dandim yang terus mengedukasi anak-anak sekolah,” ujarnya.

Tak hanya itu, Budi meminta Satpol PP Kota Serang agar memiliki konsep untuk melakukan upaya pencegahan aksi tawuran di kalangan pelajar.

“Satpol PP jangan diam, mereka harus punya konsep dan membantu TNI-Polri dalam penanganan aksi tawuran ini,” katanya.

Pada bagian akhir, Tokoh masyarakat Kota Serang, Embay Mulya Syarief mengucapkan terima kasih kepada Polresta Serang Kota yang telah selalu menjaga keadaan wilayah kota serang tetap aman dan kondusif.

“Polresta Serang Kota bersama aparat lainnya aktif melakukan kegiatan Patroli kewilayahan untuk menekan angka kriminalitas di Kota Serang,” katanya.

Reporter/Penulis : Daeng Yusvin

Editor : Khari Riyan Jaya

Facebook Comments
Example 120x600