Scroll untuk baca artikel
BeritaPemilu2024

Ganjar Pranowo: Nomor Urut 3 Sesuai Sila Ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia

56
×

Ganjar Pranowo: Nomor Urut 3 Sesuai Sila Ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia

Sebarkan artikel ini
Pasangan Capres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dapat noor urut 3 di Kantor KPU Jakarta, Selasa (14/11/2023).(Foto: Ist)

Triberita.com | Jakarta – Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat nomor urut 3 pada penetapan yang dilakukan KPU di Kantor KPU Selasa (14/11/2023) kemarin. Soal nomor ini, Ganjar Pranowo menuturkan, nomor urut 3 itu sesuai dengan semangat persatuan Indonesia yang terdapat dalam sila ketiga Pancasila.

Semangat persatuan Indonesia, menurut Ganjar, penting agar masyarakat Indonesia tidak terpecah belah akibat proses Pemilihan Umum (Pemilu 2024).

“Jadi kita mendapatkan nomor 3 itu pas, sesuai dengan sila ketiga ‘Persatuan Indonesia’, kita satukan semuanya dalam proses politik yang menggembirakan,” kata Ganjar di Kantor KPU, Jakarta, dilansir dari Kompas, Selasa (14/11/2023).

Seharusnya, lanjut mantan Gubernur Jawa Tengah ini, masyarakat mendapat kebahagiaan dalam proses pelaksanaan pemilu. Namun, menurut dia, publik justru disuguhi drama yang menggelisahkan.

“Ada tokoh agama, ada guru-guru bangsa, ada seniman, ada budayawan, ada teman-teman jurnalis, ada para pemred, para aktivis mahasiswa, dan semuanya sedang menyuarakan kegelisahan itu,” kata dia.

Ia mengajak semua pihak mengupayakan jalannya demokrasi yang menurutnya belum baik-baik saja. Perjalanan demokrasi, menurut Ganjar, layaknya aliran ait yang terkadang lurus, tapi bisa berliku-liku seperti yang ia anggap terjadi saat ini.

“Tapi percayalah, air yang mengalir itu dia akan mengikuti arah batinnya, dia tidak akan bisa dibendung dengan cara apa pun, dan kalau bendungan itu dia paksakan, dia akan tetep mencari jalannya sampai tiba di muara,” kata Ganjar.

“Muara itulah muara demokrasi yang hari ini kita idam-idamkan dan tentu saja inilah kesepakatam hari ini yang mesti kita jaga,” ucap dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggaran Pemilu telah menetapka nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk 2024 mendatang.

Baca Juga :  Perubahan Lintasan Ujian Praktik SIM Membuat Masyarakat Percaya Diri

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut tiga.

Penetapan itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024 yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa malam.***

Facebook Comments
Example 120x600