Scroll untuk baca artikel
Bekasi Raya

Pj Ketua TP PKK Kota Bekasi, Yolla Gani Canangkan Program Gapurnas dengan ‘One Day No Rice’

35
×

Pj Ketua TP PKK Kota Bekasi, Yolla Gani Canangkan Program Gapurnas dengan ‘One Day No Rice’

Sebarkan artikel ini
Pj Ketua TP PKK Kota Bekasi Yolla Keduma Gani pada pertemuan rutin PKK, Senin (13/11/2023).(foto: Humas Pemkot Bekasi)

Triberita.com | Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi melalui Tim Penggerak PKK turut mendukung Gerakan Pengurangan Makan Nasi (Gapurmas). Sosialisasi Gapurnas ini dilakukan pada pertemuan rutin PKK, yang dihadiri para Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Bekasi, dipimpin Pj. Ketua TP PKK Kota Bekasi, Yolla Kusuma Gani.

Gapurnas yang menjadi target masyarakat, Yolla menjelaskan, digiatkan dengan melaksanakan One Day No Rice. Pada program ini, masyarakat dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat seperi jagung, singkong, kentang atau umbi umbian.

“Gerakan mengurangi nasi merupakan bagian upaya pemerintah mensukseskan diversifikasi pangan nasional,” kata Yolla, dikutip dari laman resmi Pemkot Bekasi, Selasa (14/11/2023).

Hal ini, lanjut Yolla, agar ketergantungan pangan pada nasi atau beras tidak terlalu tinggi.

“Sehingga stabilitas pangan bisa tetap terjaga, meskipun produksi beras di negara kita masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun program ini harus tetap berjalan mengingat jumlah penduduk terus bertambah, luas lahan yang semakin berkurang dan perubahan iklim yang ekstrem,” jelasnya

Yolla menambahkan, melalui program pengurangan nasi atau Gapurnas, diharapkan masyarakat dapat mencari alternatif pangan sumber karbohidrat lain selain nasi dan menggantinya dengan pangan lokal seperti sagu, umbi-umbian, pisang dan sebagainya.

“Karena itu, kampanye mengenai progam pengurangan nasi ini sangat diperlukan agar masyarakat dapat mengubah pola konsumsi yang beragam, bergizi seimbang serta aman,” pungkas Yolla.

Dalam pertemuan rutin ini, Yolla Kusuma Gani mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh kader PKK di Kota Bekasi yang telah mendukung lancarnya kegiatan saat kunjungan kerja Ketua Umum TP PKK Nasional, Tri Tito Karnavian ke Kota Bekasi beberapa waktu lalu.***

Facebook Comments
Example 120x600