Scroll untuk baca artikel
Banten Raya

Libur Lebaran di Banten, Destinasi Wisata Ini Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

81
×

Libur Lebaran di Banten, Destinasi Wisata Ini Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Sebarkan artikel ini
Pantai Sarwana, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Lebak Provinsi Banten.(Foto: Istimewa)

Triberita.com | Banten – Berbagai destinasi atau tempat wisata populer di Banten pada libur lebaran diprediksi menjadi incaran para wisatawan dari berbagai wilayah.

Kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Provinsi Banten pada libur Lebaran 2023 lalu, menurut Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten, tercatat sebanyak 2,9 juta orang wisatawan yang datang berkunjung ke wisata pantai di Banten.

Jumlah tersebut belum terhitung dengan kunjungan wisata religi, wisata kuliner dan wisata belanja yang jika diakumulasikan hampir mencapai target kunjungan wisatawan di Banten.

Banyaknya destinasi atau tempat wisata di Banten yang berada di setiap wilayah kabupaten kota menjadikan Provinsi Banten sebagai salah satu daerah favorit untuk berlibur.

Berbagai destinasi atau tempat wisata di Banten, mulai dari pantai, pegunungan, belanja, religi hingga sejarah tersedia di Provinsi Banten. Hampir setiap libur, sejumlah tempat wisata di Banten ramai dikunjungi wisatawan.

Dari banyaknya destinasi atau tempat wisata di Banten tersebut, berikut rekomendasi sejumlah destinasi atau tempat wisata pantai, pegunungan, religi dan sejarah di Banten:

1. Pantai Anyer

Kawasan Wisata Pantai Anyer dikenal sebagai destinasi libur panjang atau akhir pekan serta menjadi salah satu tempat wisata di Banten yang populer.

Dengan lokasi yang mudah dijangkau hingga memiliki banyak pantai yang indah, menjadikan kawasan wisata Pantai Anyer sebagai salah satu tempat wisata favorit di Banten.

2. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah salah satu pantai ciamik di Banten yang berlokasi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Nama Pantai Sawarna sendiri saat ini sedang naik daun di antara wisatawan domestik mau pun mancanegara, lantaran memiliki daya tarik berupa aneka ragam wisata yang cukup banyak.

Selain memiliki banyak pantai yang indah, lokasinya pun bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Kaya akan pemandangan alam yang indah yang meliputi pegunungan, goa-goa, sungai, dan pantai dengan pasir putihnya, tidak salah jika Pantai Sawarna menjadi destinasi wisata utama, selain dari Kawasan Wisata Anyer.

3. Pantai Bagedur

Pantai Bagedur berada di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Salah satu keunikan dari Pantai Bagedur, yaitu hamparan pantainya sangat luas sekali, pasirnya pun padat sehingga bisa dilalui delman dan kendaraan sepeda motor.

Pengunjung pun bisa menikmati untuk sekadar berenang di tepian pantai, terlebih minimnya karang serta ombak yang tidak terlalu tinggi, cukup aman untuk keluarga bermain di pantai tersebut.

4. Pantai Carita

Pantai Carita merupakan objek wisata pantai berlokasi di Kabupaten Pandeglang, dimana pantai ini pun telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam.

Jarak tempuh dari Jakarta menuju ke Pantai Carita sekitar 130 km, dapat melalui jalan tol Jakarta-Merak dan keluar di gerbang tol Cilegon Timur dan lurus melalui Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon.

Fasilitas di Pantai Carita cukup lengkap, yaitu Banana boat, snorkling, papan seluncur, diving, dan fasilitas lainnya.

5. Pantai Ciputih

Pantai Ciputih ini berlokasi di Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pantai ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Desa Ujung Kulon National Park, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Objek wisata pantai yang satu ini memang masih sangat alami dan menyimpan keindahan berupa pasir putih yang indah dan menakjubkan, serta berombak tenang dengan air yang membiru.

Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Mangir, yaitu pulau kecil tak berpenghuni yang membuat Anda merasa di dunia lain yang indah dan mengesankan.

Di sini juga Anda bisa melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya, namun anda harus membawa peralatan snorkeling sendiri.

Pantai Ciputih merupakan pantai yang masih alami dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia, menjadikan pantai ini selalu terjaga kelestariannya.

6. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung dikenal sebagai salah satu kawasan di pesisir Banten yang memiliki keindahan pantai yang indah, tempat berenang yang tenang, terumbu karang yang menarik, dan pasir putih yang mengundang.

Tanjung Lesung merupakan kota wisata di Pandeglang, Banten, yang sedang dikembangkan oleh PT Jababeka untuk menjadi daerah destinasi wisata berkelas internasional seperti Nusa Dua Bali.

Pantai Tanjung Lesung, salah satu destinasi wisata di Provinsi Banten.(Foto: Istimewa)

7. Negeri di Atas Awan

Negeri di Atas Awan, mendengar namanya saja sudah terbayang akan keindahan panorama yang tersaji.

Bayangan Negeri di Atas Awan sudah menggoda imajinasi bagi yang mendengar dan ingin mengunjungi tempat wisata yang sedang viral di Kabupaten Lebak Banten ini.

Banyak warga dari berbagai daerah sangat tergoda mengunjungi obyek wisata Negeri di Atas Awan di Kabupaten Lebak Banten tersebut.

Lokasi obyek wisata gunung luhur atau yang lebih populer Negeri di Atas Awan, terletak di Desa Citorek, Kecamatan Muhara, Kabupaten Lebak, Banten.

8. Pondok Tunggul Joglo

Wisata alam Pondok Tunggul Joglo, menyuguhkan keindahan yang sangat alami yang tidak akan ditemui di tempat lain.

Jika pagi hari, suasana yang dapat dinikmati pengunjung, yaitu hamparan kabut dan awan menggelantung yang seakan menjadi lautan kabut serta pengunjung berada di atas hamparan kabut.

Lokasi tempat wisata Pondok Tunggul Joglo, berada di kampung Joglo, Desa Harjawarna, Kecamatan Bojong Manik, Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Wisata alam yang diberi nama Pondok Tunggul Joglo ini, menyuguhkan panorama alam yang sangat exotis, dengan view pegunungan yang indah di sertai kabut yang menghampar, sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan yang tersaji.

Pemandangan akan semakin indah jika tepat pagi hari dengan hamparan kabut dan awan yang menyelimuti perkampungan warga yang sangat luas mata memandang.

9. Jembatan Kaca Cibolang

Jembatan kaca Cibolang, terinspirasi dari China dengan konsep yang baru, yaitu jembatan transparan yang menjorok ke lereng gunung.

Menurut ala jembatan kaca yang ada di China, ini menjadi salah satu wisata andalan Kabupaten Lebak.

Di Cibolang memiliki udara yang sejuk serta pemandangan alam pegunungan yang sangat mempesona, juga perbukitan yang membuat mata pengunjung tak ingin berkedip menikmati keindahan alam yang sangat alami.

Wisata alam Jembatan Kaca Cibolang sedang viral dan berada tidak jauh dari Negeri di Atas Awan Kabupaten Lebak Banten tepatnya di Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong.

10. Gunung Karang

Puncak Gunung Karang yang berada di Kabupaten Pandeglang, adalah salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Destinasi wisata yang berada di puncak Gunung Karang ini, berupa Landmark tulisan Pandeglang yang tepatnya berada di Desa Kadu Engang.

Tidak sulit untuk menuju ke kawasan Desa Kadu Engang, tempat Landmark yang berada di puncak Gunung Karang Pandeglang ini.

Banyak akses menuju kawasan itu misalnya dari wilayah Kecamatan Cadasari melalui Juhut Kadu Engang.

11. Batu Quran

Objek wisata religi Batu Quran Pandeglang yang hingga saat ini ramai dikunjungi wisatawan atau peziarah, merupakan salah satu destinasi wisata religi yang ada di Kabupaten Pandeglang Banten.

Batu Quran Pandeglang merupakan tempat yang bayak dikunjungi pejiarah dari berbagai wilayah di tanah air.

Batu Quran Pandeglang yang berupa kolam, terletak di kaki gunung karang tepatnya sekitar 300 meter dari Kawasan Wisata Cikoromoy, di Kampung Cibulakan, Desa Kadu Bungbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Masjid Agung Banten.(Foto: Istimewa)

12. Masjid Agung Banten Lama

Wisata religi yang satu ini, berada di Kota Serang dan sudah sangat terkenal serta ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah.

Dengan berkunjung ke Masjid Agung Banten, pengunjung akan di bawa ke suasana timur tengah, yaitu Masjid Nabawi, arsitektur dan model nya menyerupai masjid yang terkenal di Mekah.

13. Keraton Kaibon

Keraton Kaibon merupakan tempat wisata sejarah yang berada di kawasan Banten lama atau kesultanan Banten.

Ada banyak jejak sejarah tentang kesultanan Banten pada masa lalu yang perlu diketahui melalui museum kepurbakalaan yang ada di sekitar Banten lama.

Demikian rekomendasi sejumlah destinasi atau tempat wisata populer di Banten mulai dari pantai, pegunungan, religi hingga sejarah.

Facebook Comments
Example 120x600