Scroll untuk baca artikel
Banten RayaBeritaPeristiwa

Bencana Kekeringan Melanda Warga Banten, Polres Serang Salurkan 3 Truk Tangki Air Bersih

76
×

Bencana Kekeringan Melanda Warga Banten, Polres Serang Salurkan 3 Truk Tangki Air Bersih

Sebarkan artikel ini

Terjadi di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, mengakibatkan sejumlah desa mengalami kekeringan dan krisis air bersih

Triberita.com, Serang Banten – Musim kemarau yang diprediksi berkepanjangan hingga bulan mendatang, dan kini mulai terjadi di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, mengakibatkan sejumlah desa mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

Dari data sementara, di Kabupaten Serang, warga di wilayah Serang bagian utara mengalami kekeringan dan krisis air bersih, dan terpaksa membeli air isi ulang.

Untuk membantu meringankan beban masyarakat, personil Polres Serang mengerahkan 3 kendaraan tanki air bersih dan disalurkan kepada masyarakat di Desa Ragas, Kecamatan Carenang, Selasa (5/9/2023).

“Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran personil Polri di tengah masyarakat dalam mengatasi musim kemarau yang berdampak pada krisis air bersih,” terang Kapolres Serang, AKBP Wiwin Setiawan.

Kapolres mengatakan, apa yang dilakukan oleh Polres Serang dengan mengirim bantuan air bersih, merupakan salah satu bagian kegiatan sosial. Selain itu, sebagai wujud kepedulian Polri kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih.

“Pengiriman bantuan air bersih merupakan bagian dari kegiatan sosial Polres Serang. Mudah-mudahan bantuan air bersih ini dapat membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih,”ujar alumnus Akpol 2002 ini.

Kapolres mengatakan, pembagian air bersih tersebut merupakan program berjenjang hasil dari deteksi daerah yang dinilai kekurangan air bersih karena kemarau panjang.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kehadiran Polri ditengah masyarakat. Jadi selain memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat, kehadiran Polri juga harus memberikan manfaat bagi yang positif untuk masyarakat, dan menjadi solusi ditengah permasalahan masyarakat saat ini,” ujar Kapolres Serang, AKBP Wiwin Setiawan.

Pendistribusian air bersih di wilayah terdampak kemarau panjang dan kekeringan ini juga, menurut Wiwin Setiawan, sebagai langkah mitigasi dari musim kemarau di tahun ini yang dilakukan oleh Polres Serang Polda Banten.

Baca Juga :  BMKG: Gelombang Tinggi di Selat Sunda Capai 6 Meter

Ia memastikan program tersebut akan terus berjalan, karena Polres Serang juga akan melakukan pemetaan di titik lain yang membutuhkan air bersih.

“Pengiriman air bersih akan terus berjalan hingga musim penghujan tiba. Oleh karenanya, kami akan melakukan pemetaan di titik lain yang membutuhkan air bersih,” kata Kapolres.

Sementara itu, menyambut kedatangan distribusi air bersih ini, warga terlihat antusias dengan membawa ember dan jerigen masing-masing.

Salah satu warga yang membawa beberapa jerigen demi mendapatkan jatah air bersih untuk persediaan kebutuhan memasak dan minum. Ia merasa senang dengan bantuan air bersih yang disalurkan oleh Polres Serang Polda Banten.

“Semoga bantuan air bersih seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya, sehingga kebutuhan warga khususnya air, dapat tercukupi. Terimakasih Bapak Kapolres Serang, AKBP Wiwin Setiawan,” ucap warga itu.

 

Facebook Comments
Example 120x600