Scroll untuk baca artikel
Bekasi RayaBeritaSejarahSosial Budaya

Hasil Ngencleng, Emak-emak Kece di Cabangbungin Bekasi Gelar Lomba Tradisional Sambut HUT RI ke 78

83
×

Hasil Ngencleng, Emak-emak Kece di Cabangbungin Bekasi Gelar Lomba Tradisional Sambut HUT RI ke 78

Sebarkan artikel ini

Sambil menunggu upacara kemerdekaan selesai, walaupun mereka tidak mengikuti upacara,dan acara perlombaan di mulai pukul 9 pagi

Triberita.com, Kabupaten Bekasi -Puluhan warga Gang Poncol, Kampung Pulotanjung RT 001/RW 001, Desa Sindangsari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, semarak memeriahkan HUT RI ke 78 dengan mengadakan beberapa perlombaan.

Warga yang didominasi kaum emak-emak ini antusias mengikuti jalannya perlombaan tradisional yang diselenggarakan pihak panitia setempat.

Sebelumnya, para emak-emak kece ini menggumpalkan anggaran secara sukarela dengan aksi sosial ‘ngencleng’ di sepanjang jalan kampung Pulotanjung seminggu sebelum acara puncak HUT RI.

Alhamdulillah akhirnya kami bisa ikut andil memeriahkan HUT RI ke-78, walaupun dengan anggaran seadanya akan tetapi kami sangat puas dan senang,” ucap Tati panitia penyelenggara saat ditemui pewarta triberita.com, Kamis (17/8/2023).

Antusias, anak-anak bersiap-siap lomba balap karung. (Foto: Jeje)
Antusias, anak-anak bersiap-siap lomba balap karung. (Foto: Jeje)

Ia menyebut, akhirnya masyarakat mulai bernafas lega, dengan sokongan anggaran dari pihak pemerintah Desa Sindangsari yang sebelumnya hanya dijanjikan saja. Bukti nyata pemerintahan hadir ditengah kemeriahan HUT RI tahun ini.

“Ahirnya Kepala Desa (Kades) juga memberikan bantuan, meskipun kami sebenarnya sudah tidak berharap lagi, karena sebelumnya cuma dijanjikan saja,” jelas Tati.

Kendati itu, dengan anggaran alakadarnya, pihaknya bisa membangun sebuah gapura dengan hiasan pernak pernik nuansa kemerdekaan.

“Dengan anggaran minim, Alhamdulillah kita bisa menghias gapura warna warni di gang Poncol dan beberapa perlombaan,” ujarnya.

Adapun perlombaan tradisional yang diadakan, kata dia, balap karung, lomba kerupuk dan tarik tambang yang diikuti kaum emak-emak.

“Beberapa perlombaan-perlombaan yang diadakan ya seperti biasa, tarik tambang dan lain-lainnya, peserta lomba mayoritas anak-anak, dan juga emak-emak ikut serta memeriahkan,” tandasnya.

Facebook Comments
Baca Juga :  Segera Dianggarkan Pembangunan, Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Kunjungi Lahan SMPN 7 Cibitung
Example 120x600