Scroll untuk baca artikel
Banten RayaBeritaKriminal

Polda Banten Geruduk Tempat Penimbunan BBM Pertalite

278
×

Polda Banten Geruduk Tempat Penimbunan BBM Pertalite

Sebarkan artikel ini

Sindikat penimbunan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Empat pelaku diamankan dan dibawa ke Polda Banten

Salah satu pelaku penimbun BBM dan barang bukti 1,35 ton bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite yang diamankan Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Banten. (Foto: Daeng Yusvin)
Salah satu pelaku penimbun BBM dan barang bukti 1,35 ton bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite yang diamankan Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Banten. (Foto: Daeng Yusvin)

Triberita.com, Tangerang Banten – Petugas Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Banten, membongkar sindikat penimbunan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Empat pelaku diamankan dan dibawa ke Polda Banten.

Para pelaku dalam melakukan aksinya, dengan modus operandi modifikasi tangki motor di daerah Kronjo, Kabupaten Tangerang.

Dari lokasi, petugas mengamankan barang bukti 1,35 ton BBM jenis Pertalite, 4 sepeda motor yang telah dimodifikasi tangki bensinnya, 51 air galon, 8 derigen ukuran 15 liter, 1 buah ember, 1 buah corong minyak, 2 buah selang, dan uang tunai Rp. 8.500.000.

Adapun keempat pelaku yang diamankan, yakni MA (36) warga Desa Pagedangan Udik, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, MU (25) warga Desa Onyam, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, KO (44) warga Desa Muncung, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, dan SU (36) warga Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang.

Pengungkapan kasus penimbunan BBM bersubsidi ini, menurut Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Banten Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Condro Sasongko, berawal dari keluhan warga yang kesulitan mendapatkan BBM jenis Pertalite.

“Pengungkapan kasus ini berawal dari keluh kesah tukang ojek yang kesulitan BBM jenis Pertalite di sejumlah SPBU di Kronjo,” kata Condro.

Dari informasi tersebut, pada Rabu (22/3/2023), petugas Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Banten melakukan penyelidikan ke lapangan. Saat berada di SPBU-3415510 daerah Kecamatan Krojo, petugas mendapati aktivitas yang tidak biasa saat pengisian BBM.

“Anggota kami mendapati sepeda motor yang dapat mengisi BBM jenis Pertalite dalam jumlah yang banyak, atau melebihi kapasitas tangki motor,” terang Condro.

Dikatakan Condro, dalam pemantauan, salah satu pengendara motor ditemukan mengisi Pertalite dalam jumlah banyak. Saat diperiksa, kapasitas tangki BBM motornya, mencapai 25 liter.

Baca Juga :  Meminimalisir Gangster Turun Kejalan, Polresta Tangerang Polda Banten Rutin Patroli Malam

“Tangkinya sudah dimodifikasi. Kapasitas tangki motornya itu seharusnya 15 liter, tapi ini 25 liter,” kata Condro.

Dari penangkapan tersebut, petugas mendapat informasi mengenai lokasi penimbunan. Di tempat kejadian perkara (TKP), 1 ton lebih BBM jenis Pertalite yang sudah dimasukkan ke dalam galon air mineral.

“Ada puluhan galon yang dijadikan tempat untuk menampung BBM, ditemukan di lokasi. Untuk motor yang tangkinya dimodifikasi ada empat unit,” ungkap Condro.

Condro menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, para pelaku telah beroperasi selama dua tahun. Mereka menjual BBM jenis Pertalite tersebut, 12 ribu per liter kepada nelayan dan pedagang bensin eceran.

“Per harinya mereka ini mampu mengumpulkan 1 ton BBM jenis Pertalite, dan menjualnya dengan keuntungan Rp 2 ribu per liternya,” tutur Condro.

Facebook Comments
Example 120x600