Scroll untuk baca artikel
BeritaSumatra

Program Salam Masyarakat Lapas Way Kanan, Strategi Cegah Gangguan Keamanan dan Ketertiban

49
×

Program Salam Masyarakat Lapas Way Kanan, Strategi Cegah Gangguan Keamanan dan Ketertiban

Sebarkan artikel ini
Kepala Lapas Kelas IIB Way Kanan, Syarpani menyampaikan Salam Masyarakat kepada para napi di Lapas Way Kanan, Minggu (5/11).(Foto:Ist)

Triberita.com | Lampung – Salah satu cara untuk mendeteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah melalui Program Salam Masyarakat. Program ini dilakukan Lapas Kelas IIB Way Kanan, Lampung, yang merupakan Strategi pendekatan secara humanis kepada Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Way Kanan, Syarpani menjelaskan, Program Salam Pemasyarakatan yang dilaksanakan di Blok Hunian Lapas Way Kanan, Minggu (05/11) ini merupakan program konseling dengan tujuan untuk membaca keadaan warga binaan. Selain itu juga demi terselenggaranya program pembinaan agar dapat berjalan dengan baik, serta membangun hubungan positif antara petugas dan warga binaan.

“Dengan cara ini juga sebagai petugas pemasyarakatan kita mendeteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban,” tutur Syarpani, Minggu (5/11).

Strategi terbaik, lanjut Syarpani, adalah dengan melakukan pendekatan secara humanis karena dapat mengeksplor, menangkap pesan utama, dan memberikan empati kepada WBP.

” Program Salam Pemasyarakatan ini Bagaimana cara mengeksplor dan membuat narapidana bercerita. Kuncinya adalah kita menjadi pendengar dan menjembatani permasalahannya, kegiatan yang sebelumnya sudah rutin dilakukan untuk mendengar, memberi empati serta menjembatani permasalahan yang dihadapi Warga Binaan sehingga nantinya keluh kesah dari warga binaan dapat di tindak lanjuti agar mendapatkan solusi terbaik dari permasalahan tersebut.” ungkap Syarpani.

Kalapas menambahkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan, minimal dua kali dalam seminggu.

“Kami ada tim, bergantian menyambangi kamar hunian, melakukan kegiatan bersama, sehingga sekecil apapun masalah gangguan keamanan dan ketertiban dapat terdeteksi untuk terciptanya kondisi yang tertib dan kondusif.” tutup Syarpani

Facebook Comments
Baca Juga :  Airlangga Hartanto Diperiksa Kejagung, Ini Respon Dari Presiden Jokowi
Example 120x600