Scroll untuk baca artikel
Bekasi RayaBerita

Taruna Tani Desa Jayalaksana: Saatnya Transformasi, Pemuda Maju dan Tampil di Sektor Pertanian

651
×

Taruna Tani Desa Jayalaksana: Saatnya Transformasi, Pemuda Maju dan Tampil di Sektor Pertanian

Sebarkan artikel ini
Foto bersama para peserta dan tamu undangan acara rapat musyawarah pembentukan taruna tani Desa Jayalaksana, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi (Foto : Sumber BSC).

Triberita.com | Kabupaten Bekasi – Warga Desa Jayalaksana gelar rapat musyawarah pembentukan taruna tani di gedung SD Negeri 02 Jayalaksana, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (27/01/2024).

Rapat tersebut mengusung tema ‘Regenerasi pemuda dalam sektor pertanian, untuk menuju masyarakat Jayalaksana yang produktif, unggul, maju dan sejahtera’.

Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Ketua penggerak pembentukan Taruna Tani Desa Jayalaksana, Marsad, Ketua Gapoktan Desa Jayalaksana, Syamwani, koordinator penyuluh pertanian Kecamatan Cabangbungin Rani, aparatur pemerintah Desa Jayalaksana, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda.

Tokoh Penggagas Terbentuknya Taruna Tani Jayalaksana, Marsad, yang juga sebagai pembicara di acara tersebut mengatakan, dengan dibentuknya taruna tani yang nantinya akan dimotori oleh pemuda-pemudi, maka hari ini menghadapi sebuah momen bersejarah yang akan membawa perubahan bagi peradaban pemuda di sektor pertanian.
“Taruna Tani Jayalaksana adalah sebuah program yang dicanangkan untuk menghadapi masalah krusial pada sektor pertanian saat ini, yaitu krisis tenaga kerja. Program ini tidak hanya membantu melatih petani muda yang siap mengambil alih kendali sektor pertanian kita, tetapi juga membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi sektor pertanian kita,” ucap Marsad.

Di era yang semakin modern ini, lanjut Marsad, sektor pertanian kesulitan dalam menarik minat anak muda untuk bergabung dalam bidang pertanian. Oleh karena itu, kata dia, program Taruna Tani Jayalaksana adalah jawaban atas masalah ini.

“Program ini menyediakan pelatihan dan pengembangan untuk generasi selanjutnya yang mengasyikkan dan memiliki masa depan cerah, serta membantu mengurangi krisis tenaga kerja pada sektor pertanian kita,” ujarnya.

Marsad juga menjelaskan, bahwa bangkitnya pemuda pada sektor pertanian melalui program Taruna Tani Jayalaksana adalah suatu kehormatan dan menjunjung tinggi kompleksitas, serta kebermaknaan sektor pertanian bagi negara ini.

Baca Juga :  IeSPa Banten Akan Selenggarakan Seleksi Fornas Bandung

“Petani muda yang terhimpun dalam program ini akan dipersiapkan untuk menjadi petani masa depan yang produktif, kreatif, dan inovatif dalam menggunakan teknologi modern, dan praktik terbaik dalam pertanian,” ungkapnya.

Lanjut Marsad, dalam program tersebut, Desa Jayalaksana dipilih sebagai tempat untuk melaksanakan program ini, hal ini disebabkan oleh potensi besarnya dalam produksi pangan, serta iklim kondusif bagi pengembangan program pertanian dan pendidikan.

“Dalam waktu dekat, kita bisa optimistis bahwa jenis pertanian yang dihasilkan dari program ini akan memenuhi pasar lokal dan mendorong perekonomian di desa dan sekitarnya,” bebernya

Ditegaskannya, bahwa program Taruna Tani Jayalaksana adalah sebuah kunci bagi, terwujudnya peradaban pemuda pada sektor pertanian, khususnya dalam hal regenerasi petani muda.
Program ini adalah kekuatan bagi pertanian kita di masa depan, dan merupakan perwujudan nyata dari cita-cita untuk menjadikan sektor pertanian kita yang mandiri, maju, dan sejahtera.

“Saudara-saudara sekalian, kita telah menjadi saksi bagaimana pembentukan taruna tani di Jayalaksana telah menjadi sebuah momentum sejarah yang diinisiasi oleh generasi muda dan diterima dengan baik oleh masyarakat, terutama di Desa Jayalaksana,” kata Marsad.

“Kita harus terus bersatu dan bekerja keras, untuk memajukan sektor pertanian kita dan memberikan masa depan yang cerah bagi anak cucu kita. Dengan demikian, mari kita bersama-sama merayakan momen ini sebagai awal transformasi bagi sektor pertanian kita dengan regenerasi petani muda dan membangun desa Jayalaksana serta negara kita yang lebih produktif, maju dan sejahtera,” tandasnya.

Sementara itu Bonte sebagai perwakilan Pemuda-pemudi Cabangbungin dan juga ketua komunitas Berita Sekitar Cabangbungin (BSC), sangat mengapresiasi langkah dan usulan dari tokoh penggagas dan juga tokoh masyarakat serta seluruh elemen masyarakat Desa Jayalaksana, yang sudah memberikan kepercayaan pada Pemuda-pemudi untuk membangun desa di sektor pertanian.

Baca Juga :  Diduga Cemari Lingkungan Tempat Penampungan Batubara Di Keluhkan Warga TCI Cilegon

“Dan pembentukan taruna tani di Desa Jayalaksana sebagai percontohan dan juga penyemangat untuk para pemuda di Desa-desa lainnya, agar punya minat dalam sektor pertanian,” ujarnya

Ditambahkannya, sebagai perwakilan pemuda-pemudi khususnya di Cabangbungin dan umumnya pemuda-pemudi di Kabupaten Bekasi, sangat mendukung pembentukan taruna tani, yang nantinya pemuda ikut berperan serta di sektor pertanian.

“Melalui sistem pertanian yang berkelanjutan dan modern, menuju ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat Cabangbungin, saatnya yang muda maju dan tampil membangun desa di sektor pertanian,” tutupnya.

Facebook Comments
Example 120x600