Scroll untuk baca artikel
Banten Raya

2 Warga Tangsel Positif Terpapar Cacar Monyet, Kadinkes: Sudah Diisolasi

35
×

2 Warga Tangsel Positif Terpapar Cacar Monyet, Kadinkes: Sudah Diisolasi

Sebarkan artikel ini

Triberita.com | Tangsel Banten – Sebanyak dua orang warga Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, terkonfirmasi positif terjangkit cacar monyet (monkeypox/Mpox).

“Benar, ada dua orang penderita Mpox (di Tangsel),”kata Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie di Tangerang, Provinsi Banten.

Menurut dia, dengan adanya dua kasus penderita Mpox di wilayahnya itu, saat ini tengah dilakukan pendataan oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebutkan kasus cacar monyet di Indonesia bertambah menjadi 21 dari sebelumnya 16 kasus.

“Ada tambahan kasus, sekarang sudah 21 kasus ada di DKI Jakarta, Tangerang Selatan dan Bandung,” katanya.

Jumlah kasus tersebut mengalami penambahan dari laporan per 27 Oktober 2023 mencapai 17 kasus yang seluruhnya berasal dari DKI Jakarta.

Nadia mengatakan hasil penelusuran kontak erat terhadap 21 kasus tambahan itu seluruhnya masih dinyatakan negatif.

“Hasil kontak masih negatif,” ujar dia.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar juga membenarkan hal tersebut.

“Benar ada dua warga yang berdomisili dan ber-KTP di Kota Tangerang Selatan, mereka terkonfirmasi monkeypox berdasarkan hasil pemeriksaan specimen yang dikirimkan ke BKPK Kemenkes,” ujar Allin Hendalin Mahdaniar, Selasa (31/10/2023).

Kedua pasien yang terpapar virus cacar monyet itu, Allin menjelaskan , adalah laki-laki, dan memiliki gejala penyakit antara lain demam akut lebih dari 38,5 derajat celcius setelah 1-3 hari, ruam akut, nyeri otot, sakit punggung, kelelahan tubuh serta ditemukan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati).

“Gelaja yang dirasakan, yakni mereka deman, lalu ada nyeri otot yang dari hasil pemeriksaan positif cacar monyet. Kedua pasien itu berusia 28 dan 31 tahun. Kondisi saat ini sudah ditangani dilakukan isolasi,” jelasnya.

Facebook Comments
Example 120x600