Scroll untuk baca artikel
BeritaJawa Barat

Ambruk Sudah 1 Bulan, PUPR Subang Dinilai Lamban Perbaiki Jembatan Cilamatan

105
×

Ambruk Sudah 1 Bulan, PUPR Subang Dinilai Lamban Perbaiki Jembatan Cilamatan

Sebarkan artikel ini
Jembata Ambruk yang menghubungkan Dua Desa di Desa Sukahurip, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang. Jembatan sepanjang 25 meter.(Foto: Istimewa')

Triberita.com | Subang – Satu bulan setelah ambruk, jembatan Cilamatan, di Kabupaten Subang, Jawa Barat, belum juga diperbaiki. Akibatnya, aktivitas ribuan warga di 3 Desa terganggu. Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda perbaikan akan dilakukan terhadap jembatan Cimenteng di Desa Sukahurip, Kecamatan Cijambe tersebut.

Jembatan sepanjang 25 meter ini ambruk pada 25 Desember 2023 lalu, akibat hantaman arus sungai setelah hujan deras yang mengguyur.

Dari pantauan di lokasi jembatan yang ambruk itu, beberapa sisa tiang jembatan saat ini sudah raib.

Ribuan warga di 3 Desa yakni Desa Sukahurip, Cimenteng, dan Desa Cikadu yang sehari-hari menggunakan jembatan tersebut untuk beraktivitas sehari-hari hanya pasrah.

Akibat jembatan Cilamatan yang ambruk ini, warga yang ingin menuju kawasan kota harus memutar lebih jauh. Sebab, jembatan yang selama ini dijadikan jalan alternatif tidak bisa dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Sampai sekarang jembatan ini belum diperbaiki pemerintah daerah dalam hal ini PUPR Kabupaten Subang. Padahal, jembatan sudah ambruk satu bulan lalu. Sehingga warga di sini kesulitan jika ingin ke kawasan kota,” terang Encu Syamsudin, salah satu warga.

Encu berharap, pemerintah daerah segera memperbaiki jembatan sepanjang 25 meter itu. Pasalnya, keberadaan jembatan sangat dibutuhkan masyarakat sebagai jalan alternatif menuju kawasan kota.

“Akibat jembatan yang ambruk belum diperbaiki, membuat aktivitas warga di sini terganggu. Kami meminta Pemkab untuk segera memperbaiki jembatan,” pungkasnya.

Senada dengan warga, Kepala Desa Sukahurip Denny Syetiawan Permadhy, menyatakan, tak kunjung diperbaikinya jembatan di Desa Sukahurip ini sangat disayangkan, terlebih jembatan Cilamatan ambruk itu akibat bencana.

“Saya kira, Pemkab Subang tidak perlu lama untuk membangun kembali jembatan di desa kami ini, apalagi saya dengar, lamanya pembangunan kembali jembatan ini akibat banyak regulasi yang harus dilewati. Ini ambruknya jembatan itu kan akibat bencana,” ungkap Denny.

Baca Juga :  Kejari Kabupaten Bekasi Raih Penghargaan dari Kejati Jabar, ini Kategorinya

Denny berharap Pemkab Subang segera memperbaiki Jembatan Cilamatan tersebut, sebab jembatan itu sangat vital bagi aktivitas perekonomian warga di 3 Desa di Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang.

Dikonfirmasi mengenai ambruknya jembatan yang hubungkan dua Desa tersebut, Kabid Jembatan PUPR Ahmad Amin mengatakan, pihaknya merespon cepat dengan melakukan perbaikan jalan.

“Sudah kita tangani jembatan yang rusak itu, dan segera akan kita perbaiki dengan anggaran tanggap darurat,” kata Amin.

Facebook Comments
Example 120x600