Scroll untuk baca artikel
Bandung RayaBeritaKebakaranKesehatanNasionalNewsPeristiwa

Dampak Buruk, Pemkab Bandung Barat Buat Pos Kesehatan dan Relokasi Pemulung di Sekitar TPA Sarimukti 

47
×

Dampak Buruk, Pemkab Bandung Barat Buat Pos Kesehatan dan Relokasi Pemulung di Sekitar TPA Sarimukti 

Sebarkan artikel ini

Triberita.com, Bandung Barat -Pemerintahan Kabupaten (Pemkab ) Bandung Barat segera melakukan mitigasi awal dengan menghentikan segala aktifitas dan merelokasi warga yang ada disekitar lokasi, terutama para pemulung yang tinggal dan menggantungkan kehidupannya dari keberadaan TPA tersebut.

“Bukan hanya pemulung, bila kondisi itu makin parah (belum baik) warga yang tinggal di TPA Sarimukti akan kita evaluasi, ini merupakan upaya menyelamatkan warga dari dampak buruk seperti batuk dan sesak nafas di sekitar lokasi kebakaran,” kata Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan , di Mapolres Cimahi, Kamis 24 Agustus 2023.

Ia menyebut, setelah mengeluarkan SK Tanggap Darurat Bencana, pihaknya juga telah menggelar rapat koordinasi dalam rangka Penanggulangan Bencana Kebakaran TPK Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat di Mapolres Cimahi.

“Kami juga telah mendirikan posko kesehatan, BPBD, Damkar dan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan perut para petugas yang sedang bertugas di TPA Sarimukti,” kata Hengki.

Ia berharap Pemerintah Provinsi dan Pusat segera turun tangan membantu menanggulangi kebakaran ini. Pasalnya, hingga saat ini petugas pemadam kebakaran baik dari Kabupaten Bandung Barat maupun kabupaten tetangga masih belum berhasil memadamkan api yang semakin meluas akibat faktor cuaca yang ekstrim.

Mengingat kondisi tersebut, Hengki juga khawatir kebakaran ini dapat menyebabkan TPA Sarimukti meledak seperti yg menimpa TPA Leuwigajah belasan tahun lalu.

“Sehingga perlu juga kajian dari tim akademisi agar dapat diperoleh solusi terbaik, karena sepertinya membutuhkan cairan kimia khusus untuk menyelesaikan persoalan kebakaran ini,” ungkapnya.

Namun, penanganan prioritas Pemerintah Daerah hingga saat ini adalah penanganan kesehatan masyarakat sekitar, mengingat asap yang dihasilkan dari kebakaran tersebut sangat membahayakan kesehatan.

Bupati Hengki juga berharap ada bantuan dari pihak-pihak lain agar dapat segera memadamkan kebakaran ini, seperti Depo Pertamina yang memiliki alat pemadam api khusus.

Baca Juga :  Api Lalap Bangunan Rumah di Duren Sawit Jaktim, Puluhan Unit Damkar Dikerahkan 

“Kami berharap Depo Pertamina Padalarang dan pihak-pihak lainnya dapat turut membantu Pemerintah Daerah agar dapat segera memadamkan kebakaran ini. Kami akan segera mengirimkan surat permohonan bantuannya,” terangnya.

Pemda juga akan menambah armada ambulan yang akan standby disekitar lokasi, sehingga akan dapat segera memobilisasi masyarakat ke rumah sakit terdekat jika berdampak lebih pada kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung juga menerjunkan tiga unit mobil pemadam kebakaran, guna membantu upaya pemadaman kebakaran di TPA Sarimukti.

Tiga unit tersebut merupakan dua unit pancar dan satu unit armada quick respon, dan kini tengah disiapkan tambahan armada dan personel lagi, namun disesuaikan dengan kondisi TPA Sarimukti.

Sebelumnya, api melahap gunungan sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat sejak Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 dan masih belum bisa dipadamkan hingga saat ini.

Untuk luas yang terbakar yakni kurang lebih sudah 20 hektare di zona 4, zona 3, dan zona 2. Karenanya pengelola berupaya memutus rambatan api ke zona 1 dengan membuat parit agar api tidak mendekati area kantor.

Dan untuk sementara, operasional TPA Sarimukti diberhentikan dengan alasan keamanan.

 

Facebook Comments
Example 120x600