Scroll untuk baca artikel
BeritaFood & TravelLifestyle

Tak Hanya di Pulau Jawa, Sayur Asam juga Ada di Sumatera dan Kalimantan dengan Ciri Khas yang Berbeda

180
×

Tak Hanya di Pulau Jawa, Sayur Asam juga Ada di Sumatera dan Kalimantan dengan Ciri Khas yang Berbeda

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Sayur Asam.(Foto : Istimewa)

Triberita.com | Kabupaten Bekasi – Indonesia bukan hanya kaya akan ragam jenis suku, seni dan budayanya, tetapi Indonesia juga kaya akan ragam kulinernya. Di antara beragam kuliner yang ada di belahan Nusantara, ada kuliner yang sangat dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia di semua kalangan.

Kuliner itu adalah Sayur Asam, masakan khas Nusantara. Berbagai jenis varian masakan sayur asam yang diolah dengan ciri khas dari daerah masing-masing. Sayur asam masakan sederhana namun sangat menggugah rasa, dan sangat disukai oleh semua kalangan.

Sayur asam yang diolah dengan beragam jenis sayuran seperti, kacang panjang, labu siam, melinjo, nangka muda, asam Jawa, jagung dan kacang tanah, dengan varian rasa manis, dan asam.

Masakan sayur asam juga dapat ditemukan daerah Sumatera, hanya sayur asam di Sumatera memiliki kuah yang lebih keruh, merah dan berminyak. Sayur asam dari Aceh misanya, dikenal dengan nama sayur asam sunti. Sedangkan di Kalimantan Selatan, sayur asamnya memakai terung asam (asam rimbang), kunyit, dan kepala ikan patin.

Untuk di pulau Jawa sendiri, ada banyak ragam sayur asam, seperti sayur asam ala Jawa Timur yang dikenal memiliki cita rasa cenderung pedas. Untuk Jawa Barat sendiri, sayur asam sunda cenderung lebih sedikit isinya, dan ciri khas yang menonjol adalah menggunakan kacang tanah yang sudah terkupas, bukan kacang tanah beserta kulitnya seperti sayur asam ala Betawi.

Cara menikmatinya juga berbeda-beda jika di Jawa Barat dan Betawi, biasanya orang menikmatinya di mangkuk terpisah dengan nasi, sedangkan di daerah Jawa Timur, orang lebih suka makan sayur asam dicampur langsung dengan nasi dan lauk pauk.

Baca Juga :  Filosofi Gado-gado Kuliner Khas Betawi, Ragam Jenis Sayuran Dalam Satu Wadah

Hidangan sayur asam lebih enak dinikmati saat musim hujan, dengan tambahan lauk pauk seperti tempe dan tahu goreng, ikan asin, dan ikan teri, ditambah sambal, yang menggugah selera makan.

Sayur asam juga memiliki filosofi yang sama dengan gado-gado, menggambarkan tentang keaneka ragaman Nusantara.

Facebook Comments
Example 120x600