Scroll untuk baca artikel
Bekasi RayaBerita

Musim Tanam Padi, Camat Cibitung Bekasi bersama Warga Berburu Tikus

115
×

Musim Tanam Padi, Camat Cibitung Bekasi bersama Warga Berburu Tikus

Sebarkan artikel ini
Sejumlah warga sedang memburu tikus beserta camat Cibitung. (foto istimewa)

Triberita.com | Kabupaten Bekasi – Petani warga Kampung Pisangan Batu, Desa Kertamukti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, tengah disibukkan dengan hama tikus yang menyerang persawahan. Khususnya musim tanam padi seperti saat ini.

Para petani itupun memburu tikus menggunakan teknik warga dengan cara membongkar lubang-lubang aktif di sekitar areal persawahan yang dicurigai sebagai sarang tikus. Dengan memburu tikus itupun diperlukan membawa peralatan sederhana seperti kayu dan cangkul.

Encun Sunarto selaku Camat Cibitung ikut serta turun dalam proses pemburuan tikus tersebut

“Hari ini bersama para petani kita melakukan gropyokan hama tikus sebagai usaha kita menjaga kedaulatan pangan lewat sinergi antara pemerintah dengan para petani di Kecamatan Cibitung. Hama tikus ini adalah salah satu ancaman serius yang dapat mengganggu tanaman padi yang akan ditanam oleh petani dan bisa menyebabkan kerugian bagi para petani kita,” papar Encun Sunarto, Jum’at (26/1/2024).

Kepala Desa Kertamukti, Chrisna menambahkan, dampak serangan hama tikus terhadap tanaman padi sangat besar. Karena tikus memiliki mobilitas yang tinggi dan masa berkembang biak yang cukup cepat. Hal tersebut menjadi keresahan tersendiri bagi para petani untuk memulai penanaman padi

“Sudah kita lakukan (gropyokan), artinya keresahan para petani sudah kita bantu atasi tinggal nanti para petani tetap harus mengawasi dan tetap terus mengendalikan apabila masih ada hama tikus,” tutup Chrisna.

Facebook Comments
Baca Juga :  Ganjar Pranowo: Nomor Urut 3 Sesuai Sila Ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia
Example 120x600