Scroll untuk baca artikel
BeritaJakarta RayaNasionalNews

Siang ini, MKMK Bacakan Putusan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Anwar Usman

92
×

Siang ini, MKMK Bacakan Putusan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Anwar Usman

Sebarkan artikel ini
Ketua MK Anwar Usman (foto: Instagram @unlxpld)
Ketua MK Anwar Usman (foto: Instagram @unlxpld)

Triberita.com | Jakarta,- Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) akan memutuskan nasib Ketua MK Anwar Usman hari ini, Selasa (7/11/2023).

Anwar Usman dan hakim konstitusi lainnya sudah selesai diperiksa terkait laporan dugaan pelanggaran etik dalam putusan batas usia capres-cawapres.

MKMK akan membacakan putusan dugaan pelanggaran kode etik dan perilaku hakim konstitusi terkait Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023 soal batas usia calon presiden dan calon wakil presiden pada Selasa petang.

“Betul, pukul 16.00 WIB,” kata Kepala Biro Hukum Administrasi dan Kepaniteraan MK Fajar Laksono, di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

MKMK telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap 21 laporan yang masuk. Pemeriksaan kepada pelapor dimulai dengan rapat dengan agenda klarifikasi pada hari Kamis (26/10/2023), dan berakhir dengan sidang terbuka pada hari Jumat (3/11/2023).

Di sisi lain, pemeriksaan terhadap terlapor, juga telah dirampungkan. Secara beruntun sejak Selasa (31/10/2023) hingga Jumat (3/11/2023), MKMK melakukan sidang tertutup kepada sembilan hakim konstitusi yang dilaporkan.

MKMK memeriksa hakim konstitusi sebanyak satu kali, kecuali Ketua MK Anwar Usman sebanyak dua kali. Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie menjelaskan, bahwa pemeriksaan terhadap Ketua MK harus dilakukan lebih dari satu kali, karena Anwar Usman mendapatkan laporan terbanyak.

Usai sidang terakhir, Jimly mengatakan, bahwa seluruh bukti terkait dengan kasus dugaan pelanggaran kode etik oleh MK telah lengkap, termasuk keterangan saksi dan ahli.

Jimly mengaku pihaknya tidak sulit untuk membuktikan dugaan pelanggaran tersebut.

Facebook Comments
Baca Juga :  Sambut Ramadhan 1444 H, Muslim India di Purwakarta Melakukan Tradisi Munggahan Bersama Suku Sunda
Example 120x600