Scroll untuk baca artikel
KesehatanLifestyle

Agar Tetap Sehat, Ini Tips Menjaga Kesehatan Musim Hujan

237
×

Agar Tetap Sehat, Ini Tips Menjaga Kesehatan Musim Hujan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi tips kesehatan pada musim hujan. (Foto : Istimewa)

Triberita.com | Serang Banten – Saat musim hujan tiba, salah satu hal yang terpenting adalah Anda harus mengetahui tips menjaga kesehatan.

Musim hujan dengan curah hujan yang tinggi dan potensi banjir kerap memberi dampak buruk bagi kesehatan serta membawa berbagai macam penyakit. Lingkungan yang lembap dan bersuhu rendah saat musim hujan, menjadi tempat favorit virus dan bakteri penyebab penyakit untuk berkembang biak.

Selain itu, lingkungan di musim hujan, juga dapat menurunkan sistem imun, sehingga meningkatkan kemungkinan infeksi virus dan bakteri.

Dr. Kristanti Diliasari, Dokter Umum, RS Pondok Indah mengatakan, tubuh manusia sangatlah sensitif terhadap perubahan suhu, terlebih ketika pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan.

“Kondisi seperti ini seringkali membuat tubuh manusia rentan terserang penyakit, dikarenakan sistem imun dalam tubuh manusia mudah menurun,” jelas dr. Kristanti Diliasari.

Maka itu, kata dia, untuk menguatkan data tahan tubuh agar tetap fit di musim hujan, perlu menerapkan tips menjaga kesehatan di musim hujan di bawah ini.

Asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Seseorang yang kekurangan nutrisi, berisiko terkena penyakit infeksi. Agar asupan gizi terpenuhi atau cukup, sebaiknya perhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan, serta minum air putih yang cukup.

Facebook Comments
Baca Juga :  Konsultan Hukum Dini Gandeng DP2KBP3A KBB, ini langkah yang Ditempuh
Example 120x600