Scroll untuk baca artikel
Bekasi RayaPendidikan

Hadiri Semarak Hari Guru Nasional 2023, Ini Pesan Pj Bupati Bekasi

87
×

Hadiri Semarak Hari Guru Nasional 2023, Ini Pesan Pj Bupati Bekasi

Sebarkan artikel ini

Triberita.com | Kabupaten Bekasi – Pejabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri di acara “Semarak Hari Guru Nasional 2023” di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jum’at (24/11/2023).

Dihadapan para guru-guru yang hadir, Dani Ramdan mengungkapkan, mengajak untuk mencegah kekerasan di satuan pendidikan masing-masing. Para guru pun diminta mengaktifkan TPPKS (Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah) yang sudah dibentuk di seluruh satuan pendidikan.

“Pentingnya mencegah dan menangani kekerasan, karena akan berdampak pada kemampuan anak-anak belajar. Jadi kasihan meskipun si anak sekolahnya itu pintar, jika mereka tidak siap belajar karena tertekan, maka hasilnya tidak akan maksimal,” kata Dani.

Selanjutnya, lanjut Dani, tim yang sudah dibentuk juga diharapkan tidak sebatas di-SK kan saja, tetapi harus secara proaktif memberikan edukasi, melakukan pencegahan dan menerima laporan.

“Saat ini TPPKS sudah menyeluruh terbentuk di sekolah-sekolah di Kabupaten Bekasi, tujuannya mencegah kekerasan terhadap peserta didik, 82 persen sudah upload datanya, tapi pembentukannya sudah mencapai 100 persen,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bekasi Imam Faturrohman menjelaskan, dari total 3.329 sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan, 82 persennya sudah upload SK Tim PPK di sekolah, namun pembentukannya sudah menyeluruh di semua sekolah.

Ditekankannya, dalam pencegahan terhadap anak didik, para guru harus memahami pedoman dan aturannya.

“Kita harus memahami dulu apa itu bulyying apa itu kekerasan, sehingga semua warga satuan pendidikan bisa memahami apa yang bakal tidak boleh dan apa yang dilarang, dan sebaiknya seperti apa di satuan pendidikan,” ungkapnya.

Acara yang merupakan rangkaian ‘Hari Guru Nasional’ ini, Imam menjelaskan, tujuannya agar terbentuk satuan pendidikan yang nyaman, kebhinekaan, tanpa kekerasan. Pihaknya juga mengapresiasi kepada beberapa satuan pendidikan, guru yang cepat dan responsif membentuk TPPKS dan memberikan kontribusi terhadap pendidikan di Kabupaten Bekasi.

Baca Juga :  Pasca Pandemi, Ditengah Himpitan Ekonomi, TNI-Polri kompak Mengadakan Gelaran Seni Budaya di Karawang

Diakhir acara, Pj Bupati Dani Ramdan beserta Sekertaris Daerah (Sekda) Dedy Supriadi, Ketua TP PKK Ria Sabaria, dan Asisten Daerah (Asda), para perangkat daerah serta jajarannya, bersama TPPKS se-Kabupaten Bekasi, melakukan kegiatan jalan sehat di area stadion Wibawa Mukti, yang merupakan rangkaian dari acara ‘Semarak Hari Guru Nasional’ 2023.

Facebook Comments
Example 120x600